Senin 23 Jan 2017 18:36 WIB

Sutradara Film Iqro Akui Terinspirasi Petualangan Sherina

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Para pemeran dan pendukung film Iqro.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Para pemeran dan pendukung film Iqro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara Iqbal Alfajri tak menampik jika film Iqro: Petualangan Meraih Bintang disebut memiliki beberapa kemiripan dengan Petualangan Sherina. Pasalnya, ia memang terinspirasi dari sinema musikal yang tayang pada 2000 silam tersebut.

"Entah apakah itu kebetulan atau tidak, tapi banyak hal dari film Petualangan Sherina yang memperkaya ide film Iqro," ujar pendiri Salman Film Academy tersebut mengenai Iqro yang bakal tayang 26 Januari 2017.

Menurut Iqbal, Petualangan Sherina adalah salah satu tonggak sejarah perfilman nasional di masanya. Sejak awal, tim Iqro pun telah menggandeng Riri Riza, sutradara film Petualangan Sherina dalam sejumlah lokakarya film.

Riri sebenarnya hendak didapuk sebagai pengawas skenario, namun urung karena padatnya jadwal. Akhirnya, Iqbal sendiri yang mengembangkan ide serta terlibat dalam perampungan naskah film Iqro yang ditulis Aisyah Amirah Nasution.

Beberapa kesamaan yang cukup mengemuka yakni kata 'petualangan' pada judul serta latar tempat di Observatorium Bosscha di Lembang, Kabupaten Bandung. Bedanya, Iqro/ yang berdurasi 100 menit bukan film musikal dan cukup banyak menanamkan nilai-nilai religi serta IPTEK.

Meski Iqro bukan yang pertama mengambil lokasi di Bosscha, kata Iqbal, film tersebut adalah yang pertama mendapatkan izin menggunakan teropong utama Bosscha. Tim juga diperbolehkan membuka atap Bosscha untuk mendapatkan visual yang diambil dengan kamera drone.

"Pengambilan tempat di Bosscha juga karena sejalan dengan tema yang kami usung, film Iqro ingin lebih banyak mengekspose muatan astronomi kepada penonton anak-anak," kata Iqbal yang menamatkan studi S2 di Jurusan Digital Media ITB itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement