Sabtu 21 Jan 2017 18:39 WIB

Tips Olahraga Kardio Dibarengi dengan Yoga

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Indira Rezkisari
The Fit Warehouse
Foto: ist
The Fit Warehouse

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Akhir-akhir ini, olahraga kardio seperti zumba mulai digandrungi sebagian perempuan. Gerakannya yang semangat, gampang membakar lemak, lalu diiringi dengan musik yang semangat dan asyik menjadi salah satu faktor yang menarik terutama untuk anak muda.

Olahraga tak hanya untuk menyehatkan badan, bagi mereka yang ingin menguruskan badan atau ingin memiliki badan ideal pasti memiliki trik tertentu saat menjalani olahraga. Salah seorang pelatih zumba di The Fit Warehouse, Laila Munaf, mengatakan ada baiknya olahraga kardio dibarengi dengan yoga.

Zumba sebagai olahraga kardio yang juga mulai menjadi pilihan gaya hidup sebagian orang akan lebih maksimal jika juga dilakukan bersama yoga. “Ini jadi salah satu kombinasi ya. Mungkin yoga keliatannya nggak terlalu buang kalori tapi ini bagus untuk organ tubuh,” kata Laila di studio The Fit Warehouse, Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (21/1).

Menurutnya, ketika seseorang sudah berhasil menurunkan badan dengan olahraga kardio akan lebih baik juga menjalani yoga. Sebab, yoga akan melatih organ tubuh untuk bekerja dengan benar seperti soal pernapasan salah satunya.

“Yoga memang kelihatannya tidak terlalu capek, tapi sebenarnya yang banyak olahraga itu organ dalam kita. Nggak bisa memang tubuh dikecilkan luarnya, organ tubuh juga harus benar,” jelas Laila. Untuk itu menurutnya yoga bisa menjadi pelengkap yang baik saat postur fisik tubuh sudah lebih ideal.

Laila menyarankan bisa melakukan olahraga kardio yang diselingi oleh yoga. Terutama bagi orang yang memiliki tujuan tertentu saat memilih melakukan olahraga kardio. Intinya, kata Laila, jangan biarkan tubuh nyaman dengan satu olahraga saja jika memiliki tujuan tertentu selain hanya menyehatkan badan saat melakukan olahraga kardio.

Tak sampai situ saja, makanan juga penting untuk diperhatikan dengan tidak megikuti nafsu saja. “Mending makan nasi dengan sayur dan lauk lengkap meski kelihatannya banyak, dibandingkan beli martabak,” tutur Laila. Sebab, menurutnya yang dibutuhkan tubuh bukan kenyang perut saja namun kenyang akan nutrisi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement