Rabu 11 Jan 2017 14:16 WIB

Yu Sang, Kuliner Khas yang Hanya Ada Saat Imlek

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Yu Sang
Foto: Republika/Retno Wulandhari
Yu Sang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perayaan Imlek bagi kaum Tionghoa merupakan salah satu momen penting yang umumnya dirayakan bersama keluarga. Momen berkumpul setiap malam tahun baru ini tak pernah dilewatkan tanpa adanya acara makan bersama.

Menu tradisi yang selalu menghiasi setiap meja makan keluarga Tionghoa saat Imlek adalah Yu Sang. Bagi Anda yang penasaran dengan menu khas tahun baru Imlek ini, Anda bisa mengunjungi resto bernama Din Tai Fung.

Menurut District Manager Din Tai Fung, Diana Samuel, Yu Sang merupakan hidangan untuk mengharapkan keberkahan bagi setiap anggota keluarga. "Dengan adanya Yu Sang menyambut tahun baru diharapkan rejeki anggota keluarga melimpah dan selalu diberi kesehatan," kata Diana kepada Republika.co.id, Selasa (10/1).

Seperti Yu Sang pada umumnya, komponen utama yang harus ada adalah ikan. Ikan menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa merupakan simbol rejeki yang melimpah. Hanya saja ikan yang digunakan Din Tai Fung adalah jenis salmon yang sudah diasap terlebih dahulu.

Selain ikan salmon, komponen Yu Sang lainnya adalah potongan halus wortel, kol ungu, selada, melon, timun, serta dibubuhi jahe merah dan putih. Terakhir, Yu Sang disiram dengan plum sauce, sesame oil, serta ditaburi biji wijen dan pangsit renyah. Rasa yang diciptakan dari kombinasi bahan-bahan ini hampir menyerupai asinan Jakarta.

Untuk satu porsi ukuran medium, Yu Sang dijual dengan harga Rp 288 ribu dan ukuran besar Rp 388 ribu. Uniknya, bagi pengunjung yang makan langsung di resto Din Tai Fung, dapat menikmati Yu Sang dengan yang dibuat menyerupai gambar ayam menyesuaikan shio tahun ini.

Yu Sang sudah bisa direservasi  mulai hari ini untuk malam tahun baru Imlek hingga tanggal 12 Februari mendatang. Bagi yang tidak mau ketinggalan, tidak ada salahnya langsung datang ke resto yang bertempat di Lotte Mart Shopping Avenue lantai 3, Kuningan, Jakarta Selatan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement