Kamis 29 Dec 2016 09:48 WIB

Begini Cara Mencuci Pakaian Dalam yang Benar

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Mencuci pakaian dalam. ilustrasi
Foto: News
Mencuci pakaian dalam. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilihan bahan dan ukuran pakaian dalam harus sesuai dengan tubuh. Ini penting demi kenyamanan diri sendiri selama beraktivitas. Selain cara memilih yang harus benar, cara mencucinya juga harus benar loh, bagaimana caranya?

Juru Bicara Rheto, brand lingerie lokal terbaru, Martha Silalahi mengatakan cara mencuci pakaian dalam yang benar ada dua cara. Pertama dengan mesin cuci. Yang kedua secara konvensional dengan tangan.

Mencuci dengan mesin cuci sangat simpel. Anda bisa memasukan pakaian dalam kekantong cuci khusus pakaian dalam supaya tidak mengganggu pakaian lain. Atau tali bra yang kemana-mana. Ini juga mengantisipasi agar tali bra tidak cepat melar. Bisa pula tali tersebut dilepas.

Namun Martha cenderung menyarankan mencuci pakaian dalam dengan cara konvensional yaitu rendam air hangat beri deterjen dan air sedikit garam. Kotoran pada pakaian dalam memang tidak kelihatan seperti pakaian luar namun pakaian dalam kotor karena keringat. Jadi tidak perlu dicuci dengan keras, apalagi disikat. Cukup rendam, kucek, bilas.

"Bra harus benar-benar kering. Kalau kering dibagian luar, tapi busa tidak kering total, ini bisa membuat jamur bertumbuh. Dan ini bisa menyebabkan iritasi kulit dan gatal-gatal. Bahkan kalau parah bisa kanker kulit," ujarnya dalam acara women talks Healthy Lingerie is Healthy You di Jakarta, Rabu (28/12).

Sama halnya dengan celana dalam, walaupun pakai panty liner atau pembalut. Pembalut hanya menutupi bagian tengah tapi bagian belakang terkena keringat. Jadi cara mencucinya sama pakai air hangat dan deterjen. "Dikucek saja dan harus dibilas sampai bebar-benar bersih. Juga keringkan dengan baik."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement