Selasa 27 Dec 2016 16:58 WIB

Panggung Inohong, Wisata Sejarah Baru Jawa Barat

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Andi Nur Aminah
Miniatur sejumlah tokoh di Panggung Inohong, Jalan Kawaluyaan, Bandung, Jawa Barat
Foto:
Miniatur sejumlah tokoh di Panggung Inohong, Jalan Kawaluyaan, Bandung, Jawa Barat

Panggung Inohong ini diresmikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Selasa (27/12). Tempat ini akan menjadi destinasi wisata sejarah terbaru di Jawa Barat. Hal ini disampaikan Asisten Daerah IV Setda Jabar Bidang Administrasi M Solihin. Penataan interior dengan desain komunikais secara visual dapat menjadi tempat menarik yang dikunjungi.

"Kami ingin memberi informasi kepada masyarakat guna mendapat wawasan tokoh Jawa Barat yang berprestasi baik yang sudah dikenal atau belum. Diharapkan ke depan ini bisa jadi ikon dan tujuan wisata di Jawa Barat," kata Solihin dalam acara peresmian.

Ia menyebutkan ada 300 tokoh Jawa Barat yang terpampang. Jumlah tersebut berasal dari seribu tokoh yang telah melewati tahap pembahasan. Namun, seiring dengan perkembangan yang dinamis, tokoh-tokoh yang ada bisa bertambah. Sehingga akan terus dipebaharui.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang hadir bersama wakilnya Deddy Mizwar mengatakan hadirnya Panggung Inohong merupakan salah satu inovasi. Sehingga masyarakat bisa lebih berminat untuk menambah pengetahuannya lewat perpustakaan.

"Inovasi ini sudah luar biasa bagus, kita akan tingkatkan lagi. Semoga bisa bangun perpustakaan di tempat serius dan besar lagi. Jadi kalau yang datang ke Jawa Barat tinggal mencari perpustakaan," kata pria yang akrab disapa Aher saat peresmian

Aher menuturkan pengetahuan menjadi modal penting dalam kehidupan. Agar dapat meningkatkan kualitas generasi muda dalam memajukan bangsanya.

"Tentu perpustakaan memiliki peran penting dalam pengembangan sumber daya manusia ke depan. Tidak mungkin orang bisa besar,  punya pola pikir inovatif, punya pikiran besar untuk memajukan bangsanya, memajukan warganya kedepan tanpa memiliki pengetahuan yang memadai," tuturnya.

Ia pun mengajak masyarakat terutama siswa di sekolah untuk meningkatkan minat baca. Ia berniat menambah program literasi di sekolah-sekolah. Selain meresmikan Panggung Inohong, Aher juga meresmikan Pojok Gubernur di Bapusipda yang merupakan deretan prestasi gubernur selama memimpin Jawa Barat. Ada juga peluncurkan Buku Literasi dan buku prestasi gubernur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement