Ahad 18 Dec 2016 07:48 WIB

Kenali Tipe Produktivitas Berdasarkan Kepribadian

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Mengenali tipe kepribadian Anda sebagai pekerja akan membantu meningkatkan produktivitas.
Foto: Pixabay
Mengenali tipe kepribadian Anda sebagai pekerja akan membantu meningkatkan produktivitas.

REPUBLIKA.CO.ID, Tertekan dengan pekerjaan yang menumpuk atau merasa sedang kurang produktif di tempat kerja? Untuk mendapatkan solusinya, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengenali tipe produktivitas berdasarkan kepribadian.

 

Carson Tate, penulis buku Work Simply mengatakan, masing-masing orang memiliki gaya produktivitas yang dipengaruhi bagaimana ia berpikir dan memproses informasi. Berikut rincian empat gaya itu dan mengetahuinya bisa membuat Anda bekerja lebih efisien.

Penentu prioritas

Anda analitis dan secara natural sangat kompetitif sehingga memiliki tugas-tugas rutin akan efektif meningkatkan produktivitas. Memacu diri mengalahkan tenggat yang ditetapkan sendiri bakal membuat Anda tetap fokus dalam bekerja.

Perencana

Tipe perencana sangat terorganisir dan memperhatikan detail dalam segala sesuatu. Untuk meningkatkan produktivitas, membuat daftar tugas dan mengelompokkan tugas yang serupa bisa membantu menghemat waktu.

 

Penyusun

Tipe ini adalah fasilitator alami yang intuitif dan komunikatif, dengan ciri suka mewarnai kalender mereka untuk hal yang penting. Untuk meningkatkan produktivitas, bisa dengan mengombinasikan kerja solo dengan kerja kelompok, juga menyelingi pekerjaan dengan hal-hal kecil yang menyenangkan.

Suka visualisasi

Orang dengan kepribadian ini suka berpikir dalam gambaran besar dan termasuk pengambil risiko yang mendambakan hal-hal baru. Sehingga, untuk menjaga energi produktif, perlu berganti-ganti mengerjakan hal membosankan dengan pekerjaan yang lebih menarik, dilansir dari Mentalfloss.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement