Sabtu 17 Dec 2016 09:05 WIB

Ube, Bahan Makanan Penutup yang Sedang Tren di AS

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Hazliansyah
Salah satu olahan makanan yang menggunakan Ube, bahasa tagalog untuk ubi ungu
Foto: Instagram/Daily Mail
Salah satu olahan makanan yang menggunakan Ube, bahasa tagalog untuk ubi ungu

REPUBLIKA.CO.ID, Ube atau yam, sejenis ubi ungu yang sangat terkenal di Filipina banyak diolah jadi makanan penutup. Kini, olahan ube juga sangat populer di berbagai toko penganan New York, Los Angeles, Las Vegas, dan Seattle di Amerika Serikat.

Berbagai foto makanan penutup cantik penuh warna yang dibuat gerai-gerai itu membanjiri laman berbagi foto dan media sosial. Mulai dari es krim, macarons, donat, tar, dan roti itu dihias sedemikian rupa oleh para koki dan tukang roti.

Gerai Soft Swerve di new York City, misalnya, membuat es krim rasa ubi ungu jadi varian yang sangat populer. Es krim dengan rasa serupa juga tersedia di restoran Filipina 2nd City di area Manhattan, New York, AS, namun dengan bentuk soft ice cream berbeda.

Manila Social Club bahkan menjual donat mewah berbahan ube berlapis emas 24 karat seharga 100 dolar AS. Donat berwarna emas berkilauan itu juga tersedia dalam versi yang lebih murah dengan frosting ungu plus taburan serpihan emas.

 

Gerai B Sweet Dessert Bar tak mau kalah dengan menyajikan menu ungu berupa kue kopi, pop tarts, dan cheesecake ube. Sementara, Crème Caramel LA membuat brownies, pie, custard, dan puding berbahan ube.

Sejumlah makanan penutup eksperimental lainnya termasuk kue beras, cupcakes, sponge cake, bahkan milkshake dari ube. Walaupun semuanya cantik dan terlihat sangat kreatif, semoga kue-kue itu tidak dicampur tambahan pewarna buatan, ya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement