Jumat 16 Dec 2016 07:24 WIB

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Mi

Rep: Gita Amanda/ Red: Andi Nur Aminah
Mesin pembuat mi
Foto: Gita Amanda/Republika
Mesin pembuat mi

REPUBLIKA.CO.ID, Mi merupakan salah satu panganan yang banyak dikonsumsi di Indonesia setelah nasi. Beragam olahan mie salah satunya mi ayam.

Membuat mi untuk mi ayam ternyata juga dapat dilakukan di rumah. Bahannya sangat mudah, hanya diperlukan air, garam dan terigu protein tinggi. Tapi seringkali pembuat mi bagi pemula di rumah menemukan kegagalan. Entah itu mi yang mudah putus atau hasil mi yang kurang kenyal.

Baker Senior Bogasari, Sunarto, menyatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat mi. Dalam pelatihan membuat mi di Bogasari Baking Center, Kamis (15/12), Sunarto membagi tipsnya.

Komposisi

 

Perhatikan komposisi antara air, tepung dan garam. Komposisi yang benar akan menghasilkan mi yang bagus. Misalnya, satu kilogram terigu harus dicampur dengan 10 gram garam dan 320 gram air.

Larutkan Garam

Sebelum mencampur garam dengan terigu, garam terlebih dahulu harus dicampur dengan air. Airnya bisa menggunakan air biasa. Sebab jika garam tak dilarutkan terlebih dahulu akan timbul bercak pada adonan mi.

Penyimpanan Mi

Setelah jadi, mi tanpa pengawet bisa disimpan selama seharian di ruang terbuka. Tapi lebih baik simpan mi di dalam kulkas jika belum mau digunakan. Jika ingin menyimpannya lebih dari satu hari masak mi terlebih dahulu. Lalu dinginkan dengan air dingin setelah matang. Tiriskan dan simpan di dalam lemari pendingin.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement