Jumat 16 Dec 2016 07:20 WIB

Mudahnya Membuat Mi Ayam di Rumah

Rep: Gita Amanda/ Red: Andi Nur Aminah
Mi Ayam
Foto: Andi Nur Aminah/Republika
Mi Ayam

REPUBLIKA.CO.ID, Mi Ayam merupakan jajanan yang sangat populer di Indonesia khususnya Jakarta. Kuliner satu ini dijajakan mulai dari gerobakan hingga restoran atau gerai makan.

Pencinta mi ayam pun beragam, dari anak-anak hingga lanjut usia. Dari ibu rumah tangga hingga pekerja kantoran. Tapi seringkali beberapa pedagang mie ayam 'nakal' dalam menjajakan dagangannya, seperti penggunaan mie dengan pengawet atau kebersihan yang tak terjaga.

Bagi pecinta mi ayam, mengapa tak membuat panganan ini sendiri di rumah? Baker Senior Bogasari, Sunarto, membagi resep membuat mi ayam di rumah saat pelatihan membuat mie di Bogasari Baking Center, Jakarta, Kamis (15/12). Komponen mi ayam sendiri terdiri atas mi, minyak ayam, kaldu ayam, bumbu ayam. Berikut ini resepnya:

Resep Mie Ayam

Bahan:

1000 gram tepung terigu protein tinggi

10   gram garam

320  gram air

Caranya membuatnya: Larutkan garam dengan air. Kemudian campurkan ke terigu. Aduk hingga rata tapi tak perlu sampai kalis. Giling adonan hingga halus dan tipis. Bisa menggunakan alat atau dengan penggiling manual. Setelahnya masukkan ke mesin pemotong mie atau potong sesuai selera. Tambahkan tepung terigu agar antar mie tak saling menempel.

Minyak Ayam

Bahan:

1000 ml minyak sayur

250  gram kulit atau lemak ayam

10   siung bawang putih digeprak

1     ruas jahe digeprak

1/2  sendok teh lada utuh digeprak

1/2  sendok teh ketumbar utuh digeprak

Caranya membuatnya: Tumis bawang putih dengan sedikit minyak. Kemudian masukkan lemak ayam atau kulit. Tumis hingga keluar minyak agak banyak. Masukan sisa minyak dan seluruh bahan lainnya. Masak selama 15 menit dengan api kecil. Setelah matang saring, dan minyak siap digunakan.

Kaldu Ayam

Bahan:

200 ml Air

3 lembar daun bawang dipotong-potong

2 lembar daun seledri potong-potong

Tulang ayam dicuci dan di geprak

Caranya membuatnya: Rebus semua bahan selama minimal dua jam dengan sedang. Jika ada busa di atasnya bisa diangkat. Setelah matang siap digunakan.

 

Bumbu ayam

Bahan:

250 gram daging ayam tanpa tulang

2    potong jahe

10  sendok makan minyak (untuk menumis)

1    sendok teh lada

1/2 sendok makan garam

5    sendok makan kecap asin

5    sendok makan kecap manis

Saus tiram sesuai selera

Minyak wijen (optional)

Bawang putih dan bawang bombay sesuai selera

Air kaldu

Daun bawang

Caranya membuatnya: Tumis bawang bombay sampai harum lalu masukkan bawang putih dan jahe tumis kembali sampai harum. Masukkan daging ayam dan rendam dengan air kaldu. Masukkan semua bumbu dan aduk-aduk hingga merata. Tambahkan daun bawang. Masak hingga daging ayam matang.

Untuk penyajiannya,  buat bumbu mi dalam mangkok dengan memasukkan kecap asin, penyedap (optional), dan minyak ayam. Aduk hingga rata. Rebus mi selama sekitar tiga menit, lalu masukkan ke mangkuk dan aduk bersama bumbu mi. Tambahkan sawi rebus, bumbu ayam, dan daun bawang sesuai selera. Jangan lupa sambal, dan mia ayam siap di santap.

Untuk satu kilogram tepung terigu, Sunarto mengatakan, bisa menghasilkan sekitar 13 hingga 16 porsi mi ayam. Nah, selamat mencoba!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement