Senin 12 Dec 2016 19:29 WIB

Ini Dia Sajian Khas dari Lombok

Rep: Rossi Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Ayam taliwang
Foto: visitlomboksumbawa.com
Ayam taliwang

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tak kenal dengan pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini? Pulau Lombok, salah satu pulau dengan yang dikelilingi pantai-pantai indah. Daerah ini menjadi destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Ya, pesona Lombok tidak hanya memikat para wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara.

Selain menawarkan sejumlah wisata yang seru, di pulau ini juga terdapat sajian kuliner yang tak kalah menariknya. Berikut beberapa makanan khas dari Kepulauan Sunda Kecil ini.

Pelecing Kangkung

Pelecing Kangkung merupakan makanan khas masyarakat Lombok. Tak seperti tanaman kangkung di Jawa, sayur khas Lombok ini berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai mengalir, dengan metode tertentu. Sehingga menghasilkan batang yang besar dan renyah.

Kangkung di daerah ini memang sangat terkenal, teksturnya lembut sehingga renyah disantap hingga ke batangnya. Proses pembuatannya, yaitu dengan merebus kangkung hingga matang, kemudian dicampur sambal tomat pedas.

Ayam Taliwang

Sajian ini menjadi salah satu kuliner Lombok yang sudah tak asing lagi. Dengan berbentuk ayam yang masih utuh, dan dilumuri bumbu khas. Ayam ini bisa dicicipi dengan dua pilihan, yakni dibakar atau pun digoreng.

Ayam Taliwang biasanya lebih lezat apabila menggunakan ayam kampung, dengan usia yang masih muda. Tidak sulit untuk mendapatkan sajian khas ini di Lombok. Sebab ada banyak restoran Ayam Taliwang yang bisa anda dapatkan di sana.

Sate Bulayak

Bulayak merupakan sejenis lontong, yang dibungkus dengan daun aren dengan bentuk memanjang. Apabila ingin membukanya harus diputar terlebih dahulu. Sedangkan satenya, terbuat dari daging sapi yang dilumuri bumbu khas Sasak.

Satenya menggunakan bumbu kacang khusus, yang dimasak dengan campuran santan kental dan kemiri. Sate Bulayak bisa ditemukan di jalan Udayana kota Mataram, maupun di Pantai Senggigi Lombok Barat.

Ares

Ares merupakan sayuran khas Lombok, dengan bahan utama yang berasal dari pelepah pisang. Pisang yang dipakai adalah pohon pisang kapok. Sajian ini mempunyai rasa yang manis dan gurih.

Dengan menggunakan bumbu khas, Ares menjadi sayur yang wajib dinikmati jika datang ke Lombok. Sebelumnya Ares hanya bisa dinikmati saat acara-acara adat saja. Namun sekarang anda bisa menikmati ares di sejumlah warung makan di Lombok.

Nasi Balap Puyung

Nasi balap puyung menjadi salah satu makanan yang memungkinkan anda untuk mencobanya berulang kali, terlebih lagi jika Anda suka dengan makanan pedas. Dari tampilannya, Nasi Balap Puyung tidak terlalu apik, namun rasa pedasnya begitu nikmat. Nasi ini berisi potongan daging ayam kecil, yang kemudian diolah bersama kacang kedelai, cabai, udang kering, belut goreng, dan abon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement