Senin 21 Nov 2016 10:39 WIB

Pentingnya Anak Seimbang Nutrisi dan Olahraganya

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Anak berolahraga sepatu roda.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Anak berolahraga sepatu roda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tren hidup sehat mulai dinilai penting oleh orang tua untuk menunjang tumbuh kembang anak. Tapi nyatanya bukan hanya makanan saja yang perlu diperhatikan, kegiatan fisik yang diwakili olahraga pun perlu mendapat perhatian.

Olahraga sering kali dipandang sebelah mata karena dianggap tidak akan menunjang kebutuhan anak. Padahal psikolog Roslina Verauli mengatakan, jika olahraga ini sangat dibutuhkan oleh anak usia tujuh hingga 12 tahun.

Nutrisi dari makanan-makanan yang baik akan tersalurkan dengan tepat jika anak-anak melakukan kegiatan aktif. Bukan hanya duduk belajar secara serius saja di dalam ruangan.

Anak mesti merasakan pengalaman yang melibatkan keaktifan tubuh bergerak. Olahraga pun dapat dikatakan menjadi sebuah bentuk lain dari konsep bermain yang dulu sering dilakukan anak-anak sebelum usia sekolah.

"Sebab olahraga pada usia itu kita merasakan jika anak perlu tahu kompeten diri dalam bidang apa," kata Vera dalam acara "Milo Champ Squad" di Careffour Lebak Bulus.

Begitu pula dengan sebaliknya, orang tua pun harus melihatnya kebutuhan nutrisi yang tepat agar bisa memenuhi kebutuhan anak. Sering kali orang tua tidak sadar jika aktivitas berkegiatan anak membutuhkan energi lebih yang sangat perlu ditunjang dengan makanan memenuhi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement