Selasa 15 Nov 2016 12:35 WIB

Sering Keramas Justru Bikin Rambut Rusak

Jangan terlalu sering keramas jika tak ingin rambut rusak.
Foto: Youtube
Jangan terlalu sering keramas jika tak ingin rambut rusak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga keindahan dan kesehatan rambut, banyak orang rutin mencuci rambut mereka dengan shampo. Rambut bersih, harum, dan sehat tentu menjadi cara tersendiri seseorang tampil percaya diri.

Sayang, keramas setiap hari ternyata memberikan dampak tidak baik bagi kesehatan rambut. Dilansir laman Huffingtonpost Selasa (15/11), berikut dampak buruk bila Anda keramas dua kali sehari.

Kering

Mencuci rambut atau keramas memang dapat membuat rambut menjadi lembap dan sehat. Tetapi tidak untuk dilakukan setiap hari. Apalagi dalam waktu mandi pagi dan sore. Pasalnya, rambut justru akan kering karena minyak alami yang ada tersapu oleh bahan kimia yang dihasilkan shampo. Minyak pada rambut berfungsi untuk melembapkan rambut dan menyehatkannya.

Rontok

Rambut basah menjadi lebih sensitif terutama di bagian akar. Bila Anda keramas setiap hari itu malah akan membuat rambut menjadi rontok.

Gatal

Gatal pada rambut memang seringkali disebabkan terkena debu atau kotoran di jalan. Tetapi, bila Anda keramas setiap hari, bukan berarti gatal di rambut hilang. Tingkat keasaman pada rambut akan kacau. Ini yang menjadi penyebab rambut sering gatal meski seringkali Anda mencucinya.

Ketombe

Alih-alih menghilangkan ketombe, Anda keramas setiap hari. Nyatanya, teralu sering menggosok kulit kepala dengan shampo malah akan membuatnya mengelupas. Ini menjadi awal mula penyebab terjadinya ketombe pada rambut.

Kusut

Akibat terlalu sering keramas rambut akan menjadi kering. Bila sudah kering, rambut menjadi susah diatur dan mudah kusut. Hal ini tentu akan menggangu penampilan Anda selama berada di luar rumah. Idealnya, mencuci rambut dua kali dalam seminggu agar kelembapan alami rambut tetap terjaga.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement