Jumat 04 Nov 2016 17:14 WIB

Pementasan Opera Kecoa Sematkan Label '17 Tahun ke Atas'

Rep: Dwina Agustin/ Red: Andi Nur Aminah
Ratna Riantiarno
Foto: dok.Republika
Ratna Riantiarno

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Teater Koma pertama kali memberikan sematan 17 tahun ketas untuk pementasannya. Pementasan Opera Kecoa dinilai dapat memicu pertentangan jika tidak diberikan peringatan sejak awal.

Pimpinan Produksi Opera Kecoa Ratna Riantiarno mengatakan, peringatan itu dilakukan untuk mengantisipasi pelbagai gugatan yang terjadi pada adegan yang akan ditampilkan. Ratna mengatakna, memang tidak ada adegan mempertontonkan keseksian. Tapi lebih pada dunia PSK dan wilayah abu-abu lain yang mungkin dinilai kurang pantas ditonton anak-anak.

"Ini pertama kali kami produksi 17 tahun ke atas. Tapi tetap saja mungkin akan ada anak-anak yang menonton, itu kebijakan masing-masing," kata Ratna.

Peringatan untuk 17 tahun ke atas memang sudah disematkan dalam poster pertunjukan. Namun, tidak dapat dipungkiri sering kali ada beberapa anak di bawah usia 17 tahun akan ikut menonton.

Untuk mengantisipasi itu, Ratna meminta untuk anak-anak yang menonton mendapatkan pengawasan orang yang lebih dewasa. Mereka lebih baik dibiarkan menonton dengan pengawasan ketimbang dibiarkan menonton sendirian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement