Rabu 26 Oct 2016 09:22 WIB

Film Animasi Moana Angkat Bahasa yang Hampir Punah

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Film animasi Moana
Foto: dok Disney
Film animasi Moana

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film animasi terbaru Disney Moana tidak akan hanya dirilis dalam satu bahasa. Moana akan menjadi film pertama yang menggunakan bahasa Tahiti.

Tahiti pulau terbesar di Polinesia Prancis, terletak di Kepulauan Society, di bagian selatan Samudra Pasifik. Secara resmi, Moana yang juga mengangkat kisah cerita perjalanan di lautan Pasifik Selatan akan menggunakan bahasa yang hampir punah tersebut.

"Bahasa asli, seperti Tahiti, terancam hilang, penting untuk menemukan cara-cara baru untuk menggairahkan masyarakat, orang tua, orang dewasa muda dan anak-anak di sini [di Tahiti] tentang bahasa kita," kata Hinano Murphy Pendir dan direktur Te Pu Atiti'a Center dan juga penerjemah bahasa Disney, dikutip dari EW, Rabu (26/10).

Murphy mengharapkan, dengan keputusan Disney mengangkat versi bahasa Tahiti dalam filmnya akan menginspirasi pulau Polinesia lainnya untuk menemukan cara-cara inovatif untuk mengajar bahasa mereka. Dengan begitu bahasa tiap wilayah akan terus terjaga keberadaannya.

Produser Moana Osnat Shurer pun mengungkapkan jika keputusan alih bahasa itu tidak dilakukan secara mendadak. Dia dan tim sudah sejak lima tahun lalu meminta untuk penerjemah dari Tahiti terlibat dalam proyek yang akan dikerjakan.

"Kami sangat sangat gembira bahwa kami, dan tim Disney Character Voices International besepakat,akan membuat ini, dan menciptakan ini dengan Hinano," kata Shurer.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement