Selasa 25 Oct 2016 09:28 WIB

Dokter Sarankan Kenalkan Pola Makan Sehat Sedini Mungkin

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Anak-anak menyimak dengan cermat penjelasan dari Sari Sunda Bulan selaku pakar nutrisi mengenai gizi yang terkandung dalam setiap makanan dan bagaimana menjaga pola makan yang sehat dalam acara Nestlé Healthy Kids – International Chefs Day.
Foto: dok Nestle
Anak-anak menyimak dengan cermat penjelasan dari Sari Sunda Bulan selaku pakar nutrisi mengenai gizi yang terkandung dalam setiap makanan dan bagaimana menjaga pola makan yang sehat dalam acara Nestlé Healthy Kids – International Chefs Day.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar nutrisi, Sari Sunda Bulan, mengatakan orang tua sebaiknya mengenalkan pola makan sehat dengan gizi seimbang sedini mungkin pada anak. "Anak yang diperkenalkan dengan pola makan sehat dan konsep gizi seimbang sejak dini, termasuk porsi makan, akan menjadi terbiasa dengan pola tersebut hingga mereka kelak dewasa," ujarnya.

Ajarkan anak dalam satu kali makan, harus ada karbohidrat, protein, dan lemak. Juga ada vitamin dan mineral. Ajak anak memilih mau menu apa, biarkan dia memilih karohidrat dan protein yang diinginkan. Berikan makanan bervariasi dan jaga porsi. Orang tua juga harus menyediakan makanan bergizi.

Selain itu, lanjutnya, dengan melibatkan anak-anak dalam proses pembuatan dan penyajian makanan. Mereka juga bisa belajar mengenai kandungan gizi atas bahan-bahan yang digunakan dan memahami bahwa membuat makanan sehat tidaklah sulit, bahkan menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan bagi mereka. Orang tua tentunya harus kreatif dan menyajikan makanan dengan menarik.

Katakan pada anak kalau sayuran itu bagus. Dan membuat lancar BAB. Jangan patah semangat. Cari aneka rupa sayuran yang anak mungkin gemari. Bersiasat dengan memasukkan sayuran ke telur atau dibuat nuget juga bisa dilakukan.

Pekan lalu Nestlé Indonesia menggelar acara Nestlé Healthy Kids International Chefs Day 2016: Art on a Plate. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka perayaan Hari Chef Sedunia yang jatuh tiap 20 Oktober.

Dalam kegiatan tersebut, Nestle Indonesia mengajak siswa sekolah dasar untuk mengenal pola makan sehat sejak dini dengan cara berkreasi dengan makanan. Mereka menggandeng Association of Culinary Professionals Indonesia (ACPI) dan didukung oleh Modena Indonesia dan bertempat di Modena Experience Center, Jakarta.

Head of Corporate Communication PT Nestlé Indonesia, Nur Shilla Christianto menjelaskan dalam acara ini, para siswa dan chef berkreasi bersama di dapur untuk menyiapkan menu makanan sehat. Para siswa dilibatkan mulai dari persiapan bahan-bahan, proses memasak hingga penyajian hidangan.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun Nestlé Healthy Kids-International Chefs Day juga menghadirkan kelas nutrisi untuk para orang tua siswa dan guru di mana mereka dapat memahami lebih jauh mengenai piramida gizi seimbang dan piring saji, serta cara pengolahan makanan yang aman.

"Dengan memperkenalkan pola makan sehat melalui cara yang seru, ceria dan menyenangkan, kami percaya para siswa akan semakin antusias untuk mengonsumsi makanan sehat dalam kehidupan sehari-hari dan meningkatkan pemahaman mereka akan pentingnya peran gizi dalam kehidupan," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement