Sabtu 22 Oct 2016 02:56 WIB

Sensasi Manis Pedas Kari Jepang Tabaccoya

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Kari Tabaccoya
Foto: Japantimes
Kari Tabaccoya

REPUBLIKA.CO.ID, Kari adalah masakan yang sangat popular di Jepang sehingga dianggap sebagai salah satu makanan nasional. Hidangan tersebut diperkenalkan pada Era Meiji (1868–1912) oleh Inggris yang kala itu menjajah India.

Jika sedang diburu waktu, kari dalam bentuk makanan cepat saji bisa dengan mudah didapatkan di pasar swalayan. Namun, kari yang baik semestinya memiliki cita rasa manis pedas yang meresap kuat.

Sensasi tersebut terasa betul pada kari di Tabaccoya, Uehonmachi, Tennoji-ku, Osaka, Jepang. Pada gerai tersebut, kari dibuat dengan pengental campuran tepung dan lemak roux yang kaya rasa.

Sepanjang hari, kari dalam pot dibiarkan mendidih perlahan dengan bahan-bahan yang terus dimasukkan ke dalamnya. Cara ini menghadirkan kari yang terasa lebih lezat karena semua bahan membaur.

Meski tercecap manis, rasa pedas tetap kuat berkat sansho alias lada serta saus pedas Meksiko. Walau begitu, kari yang disajikan tetap sederhana seperti kari tradisional Jepang pada umumnya.

Tobaccoya tidak besar, dan tidak sampai membuat antrean panjang pengunjung seperti gerai kari terkenal lain di Osaka. Ini menjadi keuntungan karena pelanggan tak perlu terburu-buru meninggalkan tempat dan bisa menikmati kari dengan santai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement