Kamis 20 Oct 2016 14:58 WIB

Binte Buluhuta, Kuliner Pengganti Nasi Khas Gorontalo

Rep: MGROL77/ Red: Andi Nur Aminah
Binte Buluhuta, kuliner khas Gorontalo
Foto: Andi Nur Aminah/Republika
Binte Buluhuta, kuliner khas Gorontalo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain terkenal dengan objek wisatanya, Gorontalo juga menyimpan kuliner yang wajib dicoba jika bertandang ke sana. Apaa itu? Namanya Binte Buluhuta. Masakan yang dijadikan makanan pokok setelah nasi ini berupa sop jagung.

Makanan ini adalah makanan khas Gorontalo yang terbuat dari jagung manis. Biasanya setelah makan nasi, Binte Buluhuta disajikan sebagai makanan kedua, karena memiliki rasa yang manis, gurih dan pedas.

“orang Gorontalo hobi makan. Binte Buluhuta artinya jagung disiram pakai rempah. Biasanya disantap setelah makan nasi, atau juga sebagai pengganti nasi. Misal kalau sedang sakit dan tidak mau makan nasi, Binte Buluhuta ini bisa jadi pengganti nasinya," ujar Afrianista Nur saat ditemui di Festival Nusantara Expo di Jakarta, Rabu (19/10).

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Binte Buluhuta tidaklah sulit. Cukup menggunakan jangung manis, rempah-rempah bawang, cabai rawit, kelapa, ikan cakalang, sayuran terung, merica dan garam. Ada juga yang kerap menambahkan parutan kelapa yang sudah disangrai beberapa saat.

    

“Agar lebih terasa lezat, Binte Buluhuta bisa ditambahkan dengan kecap, jeruk nipis, dan juga sambal sesuai selera," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement