Senin 10 Oct 2016 14:13 WIB

Toko Buku Tahan Banjir Terkenal Venesia

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Libreria Acqua Alta alias toko buku yang memiliki antisipasi banjir di Venesia.
Foto: ist
Libreria Acqua Alta alias toko buku yang memiliki antisipasi banjir di Venesia.

REPUBLIKA.CO.ID, Selama periode musim dingin, Venesia kerap mengalami banjir sementara yang dikenal dengan nama Acqua Alta. Hal itu disebabkan ombak pasang yang tinggi di belahan utara Laut Adriatik. Banjir ini bisa bertahan tiga hingga empat jam.

Selama itu, air akan meluber dari kanal ke jalan-jalan dan bahkan masuk ke bangunan. Sebuah toko buku bernama Libreria Acqua Alta punya solusi dan justru memanfaatkan momentum itu.

Toko buku yang memiliki arti Perpustakaan Air Pasang itu adalah salah satu toko di Venesia yang terkena banjir saat acqua alta. Untuk menghadapinya, pemilik toko meletakkan buku-buku di dalam bak mandi, kapal, dan gondola di tempat-tempat yang kemungkinan akan terkena banjir. Ketika permukaan air di kanal mulai meninggi dan terjadi banjir, buku-buku itu akan tetap kering.

Toko buku itu didirikan oleh Luigi Frizzo pada 2004. Sejak saat itu, Libreria Acqua Alta menjadi destinasi wisata yang unik. Selain menawarkan nuansa toko, terdapat banyak pilihan buku baik baru maupun bekas. Meski begitu, ada pula koleksi ensiklopedia tua yang tidak dijual dan digunakan sebagai hiasan.

Spot paling terkenal selain gondola di toko buku itu adalah pintu keluar darurat ketika kebakaran yang langsung tersambung ke kanal, dilansir dari Amusing Planet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement