Senin 10 Oct 2016 08:32 WIB

Tips Membersihkan Miss V Secara Benar

Rep: Gita Amanda/ Red: Indira Rezkisari
Kebersihan vagina harus jadi perhatian penting wanita.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kebersihan vagina harus jadi perhatian penting wanita.

REPUBLIKA.CO.ID, Kebersihan daerah vagina penting diperhatikan bagi seorang perempuan. Namun membersihkan vagina harus dilakukan dengan benar, agar tak ada bakteri yang tertinggal atau tak membunuh bakteri baik di vagina.

Dokter spesialis obstetric dan ginekologi, dr. Liva Wijaya SpOG, membagi tips membersihkan vagina dengan benar dalam acara Media Workshop Betadine bertajuk "It's Better to be Protected in Your Red Days", di Jakarta. Berikut di antaranya:

- Cuci daerah vulva vagina dengan air bersih mengalir dan bisa menggunakan sabun yang tak menimbulkan iritasi. Pembersih anti-septik ini sebaiknya digunakan saat vagina berisiko infeksi seperti saat menstruasi, namun penggunaannya tidak boleh terlalu sering sebab akan membunuh bakteri baik dalam vagina.

- Tak melakukan praktik douching atau internal cleaning secara mandiri.

- Cuci vagina dari depan ke belakang dan keringkan dengan handuk atau tisu lembut dengan arah yang sama dan tak berulang.

- Gunakan handuk atau tisu sekali pakai.

- Gunakan celana dalam yang nyaman terbuat dari bahan katun. Bahan katun dapat menyerap keringat dan biasanya tak terlalu ketat.

- Ganti celana dalam jika sudah lembab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement