Kamis 08 Jul 2021 16:48 WIB

Ahli Pertimbangkan Rutinitas Perawatan Kulit Miss V

Semakin banyak jenama yang mengeluarkan produk perawatan kulit Miss V.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Kebiasaan buruk yang memengaruhi kesehatan Miss V (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Kebiasaan buruk yang memengaruhi kesehatan Miss V (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebanyakan orang berpikir, rutinitas perawatan kulit hanya fokus pada wajah, misalnya menggunakan satu atau dua serum, mengoleskan pelembab, dan tabir surya. Kemungkinan, Anda belum terlalu memikirkan rutinitas perawatan vulva.

Semakin banyak jenama yang mengeluarkan produk perawatan kulit vagina, termasuk pelembab, minyak, lulur, dan banyak lagi. Ketika membahas area sensitif, ada beberapa pertanyaan, seperti, apa yang dibutuhkan, seberapa sering kami membutuhkannya, dan apa potensi manfaatnya? Apa cara terbaik untuk membersihkan vagina?

Ginekolog yang berbasis di Pennsylvania, dr Kelly Copeland, menjelaskan vagina dapat membersihkan diri sendiri, sehingga tidak memerlukan produk tambahan untuk membantunya. "Antara keputihan normal dan kelompok bakteri sehat di dalam vagina, tubuh seseorang dilengkapi dengan baik menjaga keseimbangan, kesehatan, dan pada pH yang benar," kata Copeland dilansir di Hello Giggles, Kamis (8/7).

Namun, vulva tidak begitu proaktif. "Vulva perlu perhatian khusus mengingat paparan bakteri, kelenjar keringat, dan rambut," ujar ginekolog, pakar kesehatan wanita, dan salah satu pendiri URJA, dr Sherry Ross.

Ada pro dan kontra melakukan rutinitas perawatan kulit di area bawah, tetapi ginekolog setuju bahwa perlu membersihkan vulva agar vagina tetap sehat dan menjaga keseimbangan pH-nya. Ginekolog yang berbasis di California, dr Manuela Maria Vazquez, mengatakan gangguan keseimbangan dapat membuat vagina lebih rentan terhadap vaginitis, yang merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan infeksi vagina, peradangan, atau apa pun yang menyebabkan perubahan pada flora normal vagina.

"Pendekatan saya pada perawatan kulit vagina adalah less is more. Jika Anda tidak memiliki keluhan, biarkan vagina Anda," kata Vazquez.

Vazquez dan Copeland sama-sama setuju bahwa satu-satunya rutinitas yang Anda  butuhkan adalah sabun dan air di vulva, bukan di vagina. Anda tidak memerlukan rejimen 10 langkah untuk area itu, tetapi kulit di sekitarnya dan rambut kemaluan dapat memperoleh manfaat dari produk yang lembut.

Jika suka memanjakan diri dengan perawatan diri melalui perawatan kulit, Anda mungkin menikmati melakukan rutinitas yang lebih ekstensif untuk di bawah sana.

"Vulva harus memiliki ritual kebersihan feminin yang sama seperti yang kita lakukan untuk wajah kita," ujar dr Ross.

Artinya, vulva perlu dibersihkan, dihidrasi, dan dilembabkan dengan perhatian yang sama. Jika Anda melakukannya, penting untuk mengetahui pro dan kontra dari perawatan kulit yang ramah vagina.

Menurut Ross, manfaat mengaplikasikan perawatan kulit pada vulva yang meliputi labia majora dan labia minora adalah mencegah kulit kering, berjerawat, dan iritasi. Bagi mereka yang sering mengalami infeksi, Anda mungkin juga mendapat manfaat dari perawatan ekstra di area tersebut.

"Jika Anda adalah seseorang yang menderita infeksi vagina berulang, memiliki kondisi kulit vulva tertentu, atau menderita kekeringan pada vagina, Anda mungkin perlu menggunakan obat atau krim topikal tertentu untuk meredakan gejala," kata Vazquez.

Namun, dia mengatakan Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Manfaat lainnya, menurut Copeland, secara alami Anda sering melakukan body check-in saat melakukan perawatan kulit.

"Pro perawatan vulva adalah Anda memantau struktur eksternal sesering Anda mencucinya, sehingga kecil kemungkinan benjolan atau benjolan baru tidak diperhatikan," ujar Copeland.

Konsekuensi terbesar dari penggunaan produk perawatan kulit itu adalah risiko mengganggu keseimbangan alami vagina yang sehat, tetapi itu hanya terjadi jika Anda menggunakan formula yang salah. "Kami umumnya menyarankan Anda menghindari produk yang mengandung paraben, gliserin, minyak bumi, alkohol, parfum, atau wewangian sintetis dalam formulanya," kata Vazquez.

Sebagian besar adalah iritasi yang dapat mengeringkan jaringan atau menempatkan Anda pada risiko infeksi yang lebih tinggi. Menggunakan jenis sabun yang salah dan tidak aman secara ginekologi juga dapat menyebabkan iritasi dan bau tidak sedap. Selain itu, sabun yang keras atau produk beraroma berat lainnya dapat membuang tingkat pH vagina dan bakteri sehat. Ketidakseimbangan itu dapat membuat Anda lebih rentan terhadap iritasi kulit atau mukosa, dan pertumbuhan berlebih dari ragi dan bakteri tidak sehat. Jika akan mandi busa, maka pilihlah yang tidak akan menurunkan pH Anda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement