Sabtu 08 Oct 2016 12:13 WIB

Pijatan Muka Buat Bayi Tersenyum

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Ibu muda dan bayinya.
Foto: pexels
Ibu muda dan bayinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin beberapa orang seperti memiliki raut muka tertekuk dan terlihat selalu murung. Padahal jika sejak bayi mendapatkan pijatan, muka bisa terlihat selalu tersenyum.

Sebelum melakukan gerakan pijat untuk muka bayi, sebaiknya orang yang akan memijat membersihkan terlebih dahulu tanggannya. Bersih dalam arti bebas dari kuman juga barang-barang yang menempel di tangan.

"Cuci tangan dulu yang bersih sebelum memegang muka, kan area muka bayi itu sensitif. Terus lepaskan cincin dan lainnya biar enggak melukai bayi," kata Terapis Pijat Bayi di RSU Bunda Jakarta Lisma Meliana AmKeb.

Gerakan pijat muka dapat dimulai melalui bagian pelipis yang ditarik dari dalam keluar menggunakan kedua tangan. Kemudian gerakan menyusuri dari atas hidung ke arah bawah mata kemudian ke ujung luar pelipis.

Setelah itu, dilanjutkan dengan menakan di bagian pelipis ke arah bagian belakang telinga, berikutnya bagian bibir menyususri pipi dan berujung ke arah pelipis.  Gerakan di muka, menurut Lisma, harus mengarah ke atas. Hal itu untuk membentuk senyum pada wajah bayi.

Selain itu, dengan gerakan yang mengarah wajah pun tidak menurunkan kualitas kulit bayi. Jika orang dewasa ketika membersihkan muka setelah beraktivitas melakukan dengan usapan ke atas, maka itu juga berlaku bagi bayi yang kulitnya lebih lentur.

Hanya saja, Lisma menegaskan, tidak semua bayi mau dipegang mukanya untuk dipijit. Jika memang tidak mau, orang tua tidak perlu memaksakan apalagi membuat anak sampai trauma untuk dipegang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement