REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus mempromosikan destinasi wisata Tanah Air kepada turis mancanegara. Kali ini, Kemenpar menjadikan destinasi 'Makassar Explore' sebagai salah satu tujuan promosi melalui branding taksi di London, Inggris.
"Bulan depan 'Makassar Explore' sudah branding tersendiri di London Taksi dan itu semua bagian dari promosi Kementerian Pariwisata," kata Kepala Bidang Promosi, Dinas Pariwisata Makassar Muhammad Roem di Makassar, Rabu (5/10).
Roem mengatakan, branding pariwisata, budaya dan kuliner yang dilakukan oleh Kemenparekraf disejumlah taksi dibeberapa negara sudah lama dilakukan karena merupakan bagian dari promosi. Tahun ini juga promosi pariwisata dengan fokus terhadap 10 destinasi Indonesia yang salah satunya adalah destinasi 'Makassar Explore' akan di-branding di London Taksi.
Khusus untuk 'Makassar Explore', Kemenpar telah menjalin kerja sama dengan pihak London Taxi dan akan mem-branding 75 dari 400 taksi. "Bulan depan itu kita sudah branding di 75 taksi. Ada 400 taksi dan 'Makassar Explore' dapat 75 taksi. Itu khusus untuk 'Makassar Explore' saja," kata Roem.
Roem menyebutkan, 10 destinasi wisata Indonesia yang tengah gencar dikampanyekan Kemenparekraf yakni Kota Makassar, Bandung, Medan, Jakarta, Banyuwangi, Kepulauan Riau, Bali dan Lombok.
Sedangkan kota maupun kabupaten lainnya yang masuk sasaran destinasi yakni Yogyakarta, Solo dan Semarang (Joglosemar) yang ketiga kota ini dijadikan satu paket promosi.
Begitu juga dengan daerah Bunaken, Wakatobi dan Raja Ampat menjadi satu kesatuan promosi khusus untuk coral wonder. Ketiga daerah itu jadi destinasi selam, pantai dan biota laut lainnya. "Promosi pariwisata Makassar sebagai pintu gerbang menuju destinasi wisata lainnya di Sulawesi Selatan. Promosi sudah dilakukan sejak lama," ujarnya.