Selasa 20 Sep 2016 17:11 WIB

6 Fakta Unik tentang Sepatu Keds

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Sepatu merek keds
Foto: Mentalfloss
Sepatu merek keds

REPUBLIKA.CO.ID, Merek sepatu Amerika Serikat, Keds, kali pertama dirilis pada 1916 dan masih bertahan sampai saat ini. Berikut fakta unik tentang sepatu kanvas bersol karet yang biasa dipakai untuk aktivitas santai dan olah raga itu.

Mulanya dinamai Peds

Keds awalnya direncanakan bernama Peds yang berarti kaki dalam bahasa Latin. Namun, nama itu telah dipakai sebagai merek dagang perusahaan lain sehingga nama Keds menjadi alternatif.

Pertama untuk perempuan

Salah satu slogan Keds adalah ladies first since 1916, mengingat sebelumnya tak ada sepatu atletik untuk perempuan. Sejumlah figur publik perempuan juga amat berperan dalam pemasarannya seperti Katharine Hepburn, Marilyn Monroe, Audrey Hepburn, sampai Jennifer Grey.

Merilis Kedettes

Tahun 1938, Keds merilis Kedettes khusus perempuan yang menggabungkan heels dan wedges. Kedettes banyak memodifikasi gaya oxford seperti think moccasin oxfords, open-toed oxfords, blucher oxfords, serta mengeluarkan model flat pada 1959.

Maskot bernama Kedso

Pada 1950-an, Keds menciptakan maskot badut bernama Kedso untuk menyasar segmen anak-anak. Ia muncul dalam iklan dengan topi kecil dan sepatu keds dan menyanyikan lagu riang bersama anak-anak.

Pernah dipakai Ramones

Kelompok musik punk rock Ramones terkenal dengan kebiasan mereka memakai sneakers Converse Chuck Taylors. Namun, Tommy Ramone sang penabuh drum mengatakan bahwa semua personel Ramones memakai keds pada foto sampul album Ramones pertama di tahun 1976.

Sepatu pernikahan Yoko Ono

Yoko Ono memakai sepatu keds pada hari pernikahannya dengan John Lennon pada 1969. Aktris dan musisi asal Jepang itu mengenakan kemeja, rok mini, topi lebar, kaus kaki selutut, dan sepatu leds klasik yang semua serba putih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement