Senin 30 Jul 2018 11:50 WIB

Supaya Sepatu Olah Raga Tetap Bersih dan Bebas Bau

Sabun cuci piring bisa digunakan bila sepatu benar-benar kotor

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sepatu olahraga anak.
Foto: Reuters
Sepatu olahraga anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepatu olah raga mengalami banyak keausan saat Anda mengikuti kelas kebugaran, mulai dari treadmill, bersepeda, dan lari. Anda mungkin sedikit canggung mana kala sepatu olah raga Anda dalam kondisi kotor, ditambah berbau tak sedap.

ROLers, tak perlu takut. Berikut beberapa kiat untuk menjaga sepatu kets Anda tampak seperti tetap baru dan tidak bau, dilansir dari Pop Sugar, Senin (30/7).

1. Pembersihan di tempat

Anda bisa menggunakan magic eraser sebagai cara paling mudah dan terjangkau untuk menjaga sepatu olah raga tetap bersih. Jika Anda memiliki noda, bekas, atau scuffs pada sepatu Anda, gunakan magic eraser untuk membersihkannya dengan cepat.

2. Gunakan cleaning wipes

Cleaning wipes atau tisu pembersih ini mirip dengan tisu bayi yang fungsinya sama untuk membersihkan sneaker Anda. Cleaning wipes adalah cara cepat, mudah, dan efisien karena bisa Anda selipkan di tas dan mobil dan membawnya kemana pergi.

3. Sabun cuci piring

Jika sepatu olah raga Anda benar-benar harus dibersihkan total, Anda bisa menggunakan sabun cuci piring. Campur sabun cuci piring dengan air, gunakan sikat gigi bekas, dan bersihkan bagian kotor sepatu olah raga Anda. Sebaiknya Anda membilasnya dengan air hangat. Siapkan juga handuk kering untuk menggosok bagian yang membandel, jangan menggunakan sikat cuci yang kasar untuk mempertahankan bentuk sepatu Anda.

4. Untuk sepatu bau

Siapapun pasti berkeringat saat berolah raga. Kadang bau keringat itu membekas di sepatu dan mengendap menghasilkan aroma tak sedap. Perhatikan dan cari tahu mungkin ada yang tersangkut di sepatu Anda sehingga baunya menyengat. Jika bau berasal dari dalam, Anda bisa mencoba tiga metode berikut.

Pertama, taruh sepatu Anda dalam plastik resealable, kemudian letakkan ke dalam freezer atau lemari pembeku selama satu malam. Pagi harinya sepatu Anda akan tetap segar.

Kedua, minyak esensial, mulai dari lavender, tea tree, atsiri, dan peppermint bersifat antibakteri yang bisa menambah kesegaran di sepatu Anda. Cukup tambahkan beberapa tetes atau semprotkan ke dalam sepatu, diamkan.

Ketiga, Anda bisa menggunakan koran atau handuk lembut, kemudian menggulung dan menaruhkan di dalam sepatu setiap selesai digunakan. Ini akan menghilangkan kelembaban sepatu dan membuatnya tetap segar.

Selain itu, pastikan Anda menaruh sepatu olah raga di area terbuka dengan aliran udara yang baik. Akan lebih baik lagi jika disimpan di tempat terang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement