Rabu 14 Sep 2016 09:24 WIB

Salah Pengertian 'Susu Basi' Ibu Baru Melahirkan

Rep: Gita Amanda/ Red: Indira Rezkisari
Ibu menyusui bayinya
Foto: Republika/Prayogi
Ibu menyusui bayinya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolostrum atau Air Susu Ibu (ASI) yang pertama kali keluar dari puting ibu pascamelahirkan merupakan 'makanan' awal terbaik bagi bayi. Kolostrum yang berbentuk cairan kental dan keluar hanya sekitar tiga hingga lima tetes ini sangat baik dikonsumsi setiap bayi baru lahir.

Dokter Spesialis Anak, dr. Paulus Linardi SpA, mengatakan banyak mitos salah yang beredar di masyarakat mengenai kolostrum ini. Salah satunya adalah yang mengatakan cairan kuning kental dari puting ibu di awal proses menyusui merupakan susu basi sehingga harus dibuang.

"Mitos-mitos semacam itu yang sangat salah, sebab kolostrum justru sangat bagus untuk bayi," katanya saat berbicara dalam Talk Show BlibliFriendsMeet Up "Be Healthy Mom To Be" di Rumah Sakit Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Dr. Paulus memaparkan, mengkonsumsi kolostrum dapat menjadi antibodi bagi bayi. Salah satunya anak akan terlindung dari infeksi maupun alergi atau intoleransi.  Banyaknya sel darah putih dalam kolostrum inilah yang dapat menjaga anak dari infeksi.

Konsumsi kolostrum bagi bayi juga mampu mencegah kuning atau icterus pada anak. Si cairan kuning pekat ini kata Dr. Paulus juga bermanfaat membantu usus bayi berkembang lebih matang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement