Sabtu 10 Sep 2016 07:07 WIB

Pilih Semangka Enak? Begini Caranya

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Semangka
Foto: Boldsky
Semangka

REPUBLIKA.CO.ID, Kandungan air yang menyegarkan dan manis adalah hal yang tak terlupakan dari buah semangka. Karena itulah, banyak masyarakat Indonesia terutama dunia menyukai buah tropis ini.

Beberapa orang awam mungkin tak terlalu paham seperti apa semangka yang bisa di bawa ke rumah lalu dinikmati bersama keluarga. Dikutip laman Thekitchn, Sabtu (10/9), ternyata memilih semangka memang ada tips tersendiri. Itu bisa kita perkirakan dengan menimbang berat dengan tangan, membolak-balikannya bahkan menepuknya.

Semangka yang berat dengan noda kuning di kulitnya menandakan buah tersebut memiliki kandungan air yang banyak dan matang. Saat membeli semangka di pasar, jangan lupa bertanya kepada penjual seperti apa semangka yang bagus. Upaya ini bisa Anda lakukan saat ragu memilih.

Para penjual biasanya akan sibuh dan fokus bagaimana caranya agar buah mereka terjual habis. Oleh karena itu, Anda tak perlu ragu dan bertanya langsunglah pada mereka. Adapun tips sederhana memilih semangka yang tepat adalah sebagai berikut.

Saat memilih semangka yang kecil maupun besar, Anda bisa tahu ukurannya hanya dengan menimbang beratnya. Jangan lupa untuk melihat noda kuning di kulit semangka. Semangka tumbuh dan berkembang di tanah dan akan meninggalkan noda kuning pada kulitnya saat matang.

Tepuklah semangka. Mengapa perlu ditepuk? Karena semangka yang matang biasanya akan menimbulkan suara seperti menggema. Sementara yang terlalu matang atau belum, tak akan menimbulkan efek suara apapun.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement