Rabu 07 Sep 2016 17:27 WIB

Bahan Alami Mencegah Tumbuhnya Uban

Rep: MGROL77/ Red: Andi Nur Aminah
Rambut beruban
Foto: Boldsky
Rambut beruban

REPUBLIKA.CO.ID, Rambut beruban, tentu menjadi masalah bagi sebagian besar orang. Apalagi jika uban tumbuh sebelum pada waktunya atau usia seseorang cukup tua untuk memiliki uban.

Meskipun uban salah satu tanda-tanda penuaan, hal ini dapat dicegah dengan obat herbal tertentu. Uban disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya, gizi buruk, faktor keturunan, kurangnya rutinitas perawatan yang tepat, stres, paparan polusi dan lain-lain.

Sebetulnya, mewarnai rambut saat muda untuk menutupi uban, bisa saja dilakukan. Namun mungkin banyak juga yang tidak menyukai mengecat rambut.

Lalu apakah ada solusinya? Ternyata ada banyak bahan herbal yang tersedia di dapur dan bisa mengatasi uban. Misalnya daun curry. Obat alami ini biasa disebut daun kari. Daun ini mengandung vitamin B, dimana dapat membantu mempertahankan warna alami rambut dalam waktu yang lama.

Ada juga tanaman amla, yang juga merupakan obat rumah dan bisa digunakan untuk mencegah rambut beruban. Tanaman ini kaya akan vitamin C dan antioksidan yang meningkatkan sel-sel rambut yang sehat.

Selanjutnya ada funugrek, yang merupakan obat alami untuk mencegah rambut beruban. Bahan ini kaya akan vitamin C, zat besi dan kalium yang menyehatkan folikel rambut serta membuat sehat.

    

Minyak almond, juga merupakan minyak alami untuk mencegah rambut beruban. Penggunaanhya cukup dengan memijat mijatkan minyak almond di kepala. Minyak almond mengandung vitamin E yang dapat mencegah kerontokan pada rambut.

Kemudian ada teh hitam. Teh hitam ini mengandung antioksidan yang baik untuk rambut. Kandungan nutrisinya bisa menambah rona gelap alami pada rambut.

Bahan berikutnya adalah bawang. Jika ingin menyingkirkan rambut beruban, bawang juga merupakan bahan alami. Caranya dengan menghaluskan bawang lalu menerapkanya pada rambut beberapa menit sebelum dibilas. Bawang mengandung enzim untuk mencegah tumbuhnya uban.

Selanjutnya adalah aloe vera atau lidah buaya. Tumbuhan ini mempunyai banyak manfaat kecantikan. Lidah buaya merupakan bahan alami untuk menyingkirkan uban rambut karena dapat memelihara sel sel pada rambut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement