Sabtu 03 Sep 2016 09:52 WIB

Anak Anda Pilih-Pilih Makanan? Begini Solusinya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Anak pilih-pilih makanan/ilustrasi
Foto: fit-geek.com
Anak pilih-pilih makanan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Anda sering mengalami saat anak hanya mau makan menu yang itu-itu saja. Misalnya hanya memilih makan sosis, nuget, mie, bakso atau lainnya. Bagaimana caranya agar anak tidak hanya makan jenis yang itu saja dan mau mencicipi menu lainnya?

Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, mengatakan sebaiknya orang tua tenang saja mengadapi anak seperti ini. Orang tua tetap membuatkan masakan yang variatif. Sajikan di meja dan berikan pada anak.

Jika anak tetap memaksa mau makan sosis saja, atau nuget saja, bakso saja, sebaiknya orang tua berikan syarat. “Boleh kok makan sosis, tapi setelah makanan yang ini dihabiskan ya,” ujarnya mencontohkan ucapan orang tua pada anaknya.

Sosis akhirnya jadi reward untuk anak yang mau mencicipi dan menghabiskan makanan lainnya. “Dengan cara itu anak tahu ternyata harus seperti ini dulu, baru dapat sosis,” ujarnya kepada wartawan usai Peluncuran Program Makan Sehat untuk Anak PAUD yang diselenggarakan Sarihusada di Jakarta, Jumat (2/9) lalu.

Tapi kalau anak memaksa makan sosis tanpa mau melakukan syarat dari orang tua, sebaiknya orang tua tegas dan konsisten pada anak. Tegas bukan berarti keras dan marah pada anak. “Kalau anak memaksa, katakan maaf tidak ada sosis untuk saat ini, kalau kamu lapar makan ini. Tidak perlu ngomel, harus konsisten,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement