Jumat 02 Sep 2016 20:21 WIB

Agar Si Kecil Suka Makan Sayur

Rep: Dessy Susilawati/ Red: Yudha Manggala P Putra
Tumis sayuran
Foto: wikipedia
Tumis sayuran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian anak, sayuran dan buah mungkin bukan menjadi makanan favorit. Padahal sayuran dan buah mengandung vitamin, serat, dan nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil.  

Lalu bagaimana agar mereka belajar menyukai dan menggemarinya? Menurut Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani peran orang tua sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Salah satunya caranya adalah dengan mengenalkan buah dan sayur sejak kecil dengan cara menyenangkan. Misalnya, mengenalkannya melalui tokoh-tokoh boneka buah dan sayuran.

"Sehingga lebih tertarik pada bahan makanan tersebut," ujarnya dalam Peluncuran Program Makan Sehat untuk Anak PAUD yang diselenggarakan di Jakarta, Jumat (2/9).

Cara lain adalah orang tua bisa menanamkan cinta sayuran atau buah melalui dongeng-dongeng. Dengan menyisipkan pesan dalam cerita menarik biasanya anak akan lebih tertarik, ketimbang dengan menasehati langsung Si Kecil. Orang tua juga bisa mengajak anak membantu saat memasak sayuran, untuk memancing minatnya pada makanan itu.  

Anna juga mengingatkan, selain menanamkan rasa suka pada sayuran, orang tua juga harus memastikan jadwal makan untuk Si Kecil teratur. "Kalau tidak teratur maka metabolisme anak tidak terbentuk," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement