Sabtu 04 Jan 2020 08:40 WIB

Pesohor Dunia yang Melakukan Diet Vegan

Pesohor dunia ini merasan manfaat menjadi vegan.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Ani Nursalikah
Pesohor Dunia yang Melakukan Diet Vegan. Joaquin Phoenix.
Foto: AP
Pesohor Dunia yang Melakukan Diet Vegan. Joaquin Phoenix.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pola makan vegan atau tak makan makanan yang berasal dari hewan sama sekali menjadi pola makan yang cukup populer. Kepopulerannya juga ternyata didukung para pesohor dunia yang juga melakukan pola makan ini.

Pada awalnya, pola makan vegan merupakan suatu pilihan gaya hidup yang tidak konvensional. Namun, seiring berjalannya waktu, beberapa restoran makanan cepat saji, seperti Greggs, McDonald’s, dan Subway, malah memberikan pilihan makanan dengan bahan nonhewani untuk para vegan. Dilansir di laman Metro, Sabtu (4/1), berikut daftar selebriti yang melakukan pola makan vegan dan menganjurkannya kepada masyarakat.

Baca Juga

Joaquin Phoenix

Aktor yang berperan sebagai Joker ini telah menjadi seorang vegan sejak ia masih kecil. Pada 2019, dia sempat muncul di papan iklan sebuah organisasi penyayang binatang People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) di Times Square, New York mengampanyekan pola makan vegan, dan mendorong orang menjadi vegan.

"Ketika kita melihat dunia melalui mata binatang lain, kita harus menyadari bahwa, di dalam, kita semua sama, dan kita semua layak hidup bebas dari penderitaan,” kata Phoenix mengenai hal itu.

Ellen Pompeo

Bintang serial Grey’s Anatomy, Ellen Pompeo, mengatakan kepada majalah People dia dan seluruh keluarganya adalah vegan. "Saya pikir kita berada pada titik kritis bagi planet kita dan di Amerika Serikat masalah kesehatan ini tidak terkendali, obesitas, diabetes semuanya,” kata dia.

Dia mengatakan, pesan veganisme bukanlah pesan yang ingin mereka keluarkan. Akan tetapi veganisme tidak hanya itu akan membantu kita, tetapi juga membantu planet ini.

photo
Pola makan vegan ternyata sangat baik bagi penderita diabetes.

Zac Efron

Pada 2018, bintang High School Musical itu mengatakan kepada Teen Vogue dia telah bereksperimen dengan makan vegan murni. “Itu benar-benar mengubah cara tubuh saya bekerja, dan cara saya memetabolisme makanan, cara itu berubah menjadi energi, cara saya tidur. Sangat brilian. Sangat bagus untuk latihan saya, dan bagus untuk rutinitas saya,” kata dia.

Bill Clinton

Selama 2017, mantan presiden AS ini memberikan ceramah untuk rangkaian program Cendekia Kepemimpinan Presiden. Selama itu, dia pernah ditanya apakah sulit mengadopsi pola makan vegan. “Tidak  ketika Anda memiliki bypass jantung empat kali lipat dan Anda ingin hidup untuk menjadi seorang kakek,” ujar dia.

Ava DuVernay

Ava DuVernay merupakan seorang pembuat film yang membawakan serial When They See Us yang rilis di Netflix. Dia dinobatkan sebagai salah satu selebritas vegan PETA yang paling cantik pada 2018.

“Seperti banyak tren makanan yang tampak baru, veganisme hitam memiliki akar sejarah,” tulis dia di akun Twitternya pada 2017. Dia juga mengutip artikel New York Times. "Bagi banyak orang berkulit hitam, ini juga tentang keadilan sosial dan akses makanan. Makanan yang kami makan telah membunuh kami,” tulis dia.

photo
Beyonce

Beyonce

Penyanyi ‘All The Single Ladies’ itu sebenarnya bukan seorang vegan yang penuh waktu. Sebelumnya, dia sering makan makanan nabati.

Akan tetapi, ketika dia bersiap untuk pertunjukan Coachella pada 2018, dia menjadi seorang vegan dan berniat meneruskannya di masa depan. Dia dan suaminya Jay-Z juga pernah menjadi vegan selama 22 hari pada 2013, dengan pelatihnya Marco Borges.

“Mereka menyukainya. Mereka pergi dengan pemahaman yang lebih besar tentang manfaat kuat nutrisi nabati. Mereka membuat orang-orang berkata, ‘Kulitmu berkilau ini.’ Dan siapa yang tidak suka diberi tahu mereka terlihat hebat?” kata Borges memberi tahu People pada 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement