Rabu 31 Aug 2016 19:52 WIB

Lea Simanjuntak Siap Mengemban 'Tugas Negara' ke Polandia

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Andi Nur Aminah
Lea Simanjuntak
Foto: Retno Wulandhari
Lea Simanjuntak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi multi talenta Lea Simanjuntak merasa bangga akan tampil di hadapan masyarakat Eropa dalam gelaran konser HUT Republik Indonesia ke-71 di Warsawa, Polandia, pada Selasa (6/9) mendatang. Menurut Lea, untuk tampil di mata dunia sebagai perwakilan dari Indonesia sudah menjadi cita-citanya sejak dulu.

Lea mengibaratkan kegiatan konsernya kali ini sebagai tugas negara yang kerap di emban oleh seorang atlet dalam berkompetisi dikancah internasional. "Saya mencoba merasakan kira-kira apa yang dirasakan para atlet yang sedang berkompetisi untuk negara," kata Lea saat media gathering di Jakarta, Rabu (31/8).

Hingga saat ini, menurut Lea, masih banyak masyarakat Eropa yang tidak mengenal Indonesia dan segala potensinya. Mengemban tugas negara, Lea merasa berkewajiban untuk mempersembahkan penampilan terbaik sebagai representasi dari Indonesia. "Indonesia di mata dunia harusnya indah, seperti Indonesia punya banyak spot dan tempat-tempat yang indah," kata Lea.

Dalam hal musik, Lea mengakui musik Indonesia masih sangat sulit menembus pasar musik di Eropa. Menurutnya, musisi dan pelaku industri musik Indonesia harus memiliki usaha lebih untuk merambah pasar Eropa.

Selain lokasi Indonesia yang terbilang jauh dari negara-negara di Eropa, faktor kreatifitas dalam mengaransemen musik juga menjadi satu hal yang harus diperhatikan. Untuk itu, ia menyimpulkan, musik khas Indonesia perlu dikemas menyesuaikan pasar Eropa tanpa meninggalkan ciri khas Indonesia itu sendiri. "Kalau kita mengikuti pop saja tanpa sentuhan lain, saya rasa itu susah sekali, kata Lea.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement