Jumat 26 Aug 2016 13:22 WIB

Hemat Uang Saat Liburan dengan 7 Cara

Siapkan dana liburan dengan baik agar liburan bisa dinikmati dengan tenang dan menyenangkan.
Foto: pexels
Pergi liburan

Menghindari Utang

Ini dia masalah yang selalu membuat hidup kurang nyaman. Jika memang memiliki niatan untuk berlibur, terutama pergi mengunjungi negara lain, sebaiknya menentukan anggaran yang diperlukan terlebih dulu. Jangan sampai karena ingin melakukan traveling, berutang hanya untuk ongkos perjalanan atau menyewa hotel di sana. Jika memiliki utang lainya seperti leasing  atau kewajiban bulanan, walaupun sedang berlibur, tetap bayar tepat waktu.

Manfaatkan Diskon Akhir Tahun dan Midnight Sale

Musim liburan, biasanya juga identik dengan musim diskon di berbagai tempat. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk sekedar berbelanja saat berlibur. Kita bisa mendapatkan beberapa produk yang bagus dengan harga yang relatif murah. Jangan merasa malu, karena diskon  tersebut memang diminati saat musim libur tiba.

Mengajak Teman yang Memiliki Sifat Irit dalam Belanja

Berbelanja di saat musim libur dengan teman, tentunya akan lebih seru. Selain kita bisa meminta pendapatnya tentang barang mana yang bagus dan cocok untuk kita, biasanya teman kita sering satu hati dalam berbagai hal. Namun, sebaiknya mengajak salah satu teman yang memiliki sifat irit dalam berbelanja. Saat sibuk ingin membeli ini dan itu, dia akan berusaha untuk memberikan nasihat agar tidak belanja secara berlebihan.

Ingat Bahwa Setelah Liburan, Kebutuhan Lainnya Masih Menunggu

Saat musim libur akan segera habis, jangan lupa bahwa kebutuhan kita di bulan berikutnya masih ada. Jika sebelum berlibur mendapat uang lebih, seperti THR atau Bonus, ada baiknya menyimpan uang tersebut dalam bentuk tabungan. Uang THR atau bonus bukan uang yang harus dihabiskan, justru ini adalah kesempatan untuk terus menambah tabungan kita.

Usahakan Menabung  dalam Persentase 20-50 Persen

Saat mendapat jatah libur, seperti menjelang hari raya atau akhir tahun, biasanya  Anda akan  menerima uang berlebih dalam bentuk bonus atau THR. Buatlah perhitungan untuk menambah tabungan dari 20-50 persen. Semakin besar tabungan yang dimiliki, tentunya masa depan akan lebih terjamin. Rencanakan anggaran untuk berlibur, tanpa melupakan tabungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement