Rabu 29 Nov 2023 23:24 WIB

Agar Liburan Akhir Tahun Mengesankan, Jangan Lupa Lakukan 5 Langkah Ini

Wisatawan sebaiknya mencari tahu tentang destinasi yang selama ini diidamkan.

Dana liburan adalah hal yang harus benar-benar disiapkan, apalagi akhir tahun termasuk dalam kategori high season alias puncak liburan.  (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Dana liburan adalah hal yang harus benar-benar disiapkan, apalagi akhir tahun termasuk dalam kategori high season alias puncak liburan. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Liburan akhir tahun adalah salah satu cara untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang sekaligus merayakan kerja keras selama setahun belakangan.

Agar liburan akhir tahun tidak terlupakan, platform perjalanan Pegipegi dalam siaran pers membagikan lima cara merencanakan liburan.

Baca Juga

 

1. Tentukan destinasi wisata

 

Sebelum memutuskan akan menghabiskan liburan akhir tahun di mana, wisatawan sebaiknya mencari tahu tentang destinasi yang selama ini diidamkan. Informasi bisa didapatkan dari berbagai sumber di internet, termasuk media sosial.

Hal-hal yang perlu dicari antara lain adalah aktivitas yang bisa dilakukan selama di sana, pilihan destinasi wisata dan kuliner, hotel dan transportasi yang akan digunakan selama di sana.

 

2. Persiapkan dana liburan

Dana liburan adalah hal yang harus benar-benar disiapkan, apalagi akhir tahun termasuk dalam kategori high season, puncak liburan. Dana liburan penting agar wisatawan bisa berlibur sesuai kemampuan.

Setelah melakukan riset destinasi wisata, buat prioritas perjalanan berdasarkan dana yang dimiliki. Prioritas perjalanan mencakup hotel dan transportasi pilihan serta aktivitas apa yang akan dilakukan selama liburan.

Dana liburan sebaiknya direncanakan sejak jauh hari supaya wisatawan memiliki waktu untuk menyiapkan.

 

3. Pastikan jadwal liburan

Jadwal juga merupakan bagian yang krusial dalam sebuah perjalanan, salah satunya karena bisa berpengaruh terhadap perencanaan dana liburan. Bagi yang sudah bekerja, tanggal dan durasi liburan perlu dipastikan supaya bisa mengajukan cuti ke perusahaan.

Selain jadwal, jangan lupa mencari tahu musim atau cuaca di tempat tujuan sesuai dengan waktu liburan. Dengan mengetahui musim atau cuaca, wisatawan bisa menyiapkan pakaian atau alat yang diperlukan misalnya ketika di tempat tujuan sedang musim hujan. Persiapkan juga obat-obatan dan keperluan pribadi untuk liburan.

 

4. Pesan hotel dan transportasi jauh-jauh hari

Rata-rata harga hotel naik sekitar 15 persen pada high season, sementara tiket transportasi bisa naik 10-20 persen menjelang akhir tahun. Semakin cepat memesan hotel dan transportasi, maka semakin besar peluang wisatawan mendapatkan harga yang lebih murah.

Data internal Pegipegi menunjukkan Oktober adalah waktu terbaik untuk memesan tiket dan hotel untuk liburan akhir tahun. Diperkirakan memesan keperluan liburan pada bulan itu bisa menghemat 10-35 persen dana.

 

5. Manfaatkan promo

Selain memesan tiket transportasi dan hotel jauh hari, memanfaatkan promosi adalah cara lain untuk mendapatkan harga terbaik. Pertimbangkan untuk memesan hotel atau transportasi saat hari biasa dan memesan hotel yang baru dibuka untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Selain itu, ikuti flash sale alias diskon kilat, memantau promo dan diskon serta memanfaatkan penawaran dari perbankan dan layanan keuangan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement