Jumat 26 Aug 2016 13:22 WIB

Hemat Uang Saat Liburan dengan 7 Cara

Siapkan dana liburan dengan baik agar liburan bisa dinikmati dengan tenang dan menyenangkan.
Foto: dok Republika
Siapkan dana liburan dengan baik agar liburan bisa dinikmati dengan tenang dan menyenangkan.

REPUBLIKA.CO.ID, Pergi berlibur adalah saat-saat yang menyenangkan. Seseorang benar-benar bisa bebas untuk sementara waktu dari rutinitas sekolah, kuliah atau bekerja yang cukup membuat penat dan lelah. Berlibur juga mengajarkan hal-hal baru dalam hidup.

Walaupun begitu, berlibur menguras keuangan jika kurang maksimal dalam mengatur dana liburan. Sebaiknya, saat hendak pergi berlibur, pastikan pengaturan keuangannya sudah dipersiapkan. Bila perlu catat keperluan apa saja yang memang memerlukan anggaran tertentu dan tulis berapa rupiah dari setiap keperluan itu.

Dengan begitu, Anda masih bisa menabung dari sebagian uang yang masih tersisa. Jangan sampai hanya untuk berlibur, uang habis terkuras begitu saja.

Berikut ini ada cara berhemat uang saat pergi berlibur, 7 cara ini akan membuat liburan anda lebih terencana:

Membuat Daftar Keperluan Selama Berlibur

Buat daftar keperluan selama berlibur, buatlah dalam bentuk tulisan apa saja yang diperlukan dan yang diinginkan. Pisahkan kedua hal tersebut dalam bentuk tabel. Dalam kolom keperluan tuliskan hal-hal penting yang memang menjadi keperluan, seperti tiket untuk pulang, membeli sedikit oleh-oleh untuk beberapa orang dan lain sebagainya.

Sementara kolom yang lainya yaitu keinginan, isilah dengan hal-hal sekunder yang diinginkan seperti membeli baju baru, tas baru, sepatu sandal baru, suvenir dan lain sebagainya. Catat juga berapa harganya, lalu hitunglah. Jika ternyata jumlahnya lebih besar dari uang yang dimiliki, sebaiknya hilangkan keperluan atau keinginan yang kurang penting.

Menentukan Berapa Uang yang Boleh Dihabiskan dan Selalu Bawa Tunai Seperlunya

Jika sebelumnya telah menentukan anggaran untuk berlibur, pada poin ini akan diketahui berapa jumlah uang yang boleh dibelanjakan sepuasnya. Dengan begitu, kita tidak akan merasa ragu dan takut kalau uang akan semakin habis saat berbelanja, karena anggarannya sudah jelas. Usahakan membawa uang tunai secukupnya, simpan sisanya dalam ATM saja.

Lupakan ATM

Saat berlibur, ada saja hal yang membuat kita ingin membeli sesuatu karena keunikan atau keistimewaannya. Terkadang saat berjalan-jalan di area wisata dan tidak membawa uang tunai, akan muncul keinginan untuk tetap membelinya dengan menggesek kartu debit atau kredit terlebih dulu. Ini adalah kebiasaan yang buruk yang perlu dihindari, karena akan mengakibatkan pemborosan. Simpan saja ATM Anda di tempat yang aman dan lupakan. Bawa uang tunai secukupnya saja.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement