Kamis 25 Aug 2016 11:40 WIB

Berapa Lama Hipno Parenting Bisa Berhasil?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Anak dan orang tua
Foto: Parenting today
Anak dan orang tua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika ingin mendapatkan hasil maksimal dalam hipno parenting, selain dengan kalimat efektif, positif dan kondisi anak rileks, sugesti positif juga harus terus diberikan paling tidak dalam jangka waktu tertentu.

“Lakukan ini setiap hari selama 21 hari secara berturut-turut tanpa jeda. Karena perubahan sesuatu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dimana 11 hari pertama merupakan area penolakan. Sedangkan hari kesebelas hingga ke 21 adalah area penerimaan,” ujar psikolog keluarga dari Lembaga Bantuan Psikologi dan Pengembangan Diri, Nana Maznah Prasetyo, dalam workshop 'Cara Mendidikan Anak dengan Hipno Parenting', di Satu Consulting, Selasa (24/8) lalu.

Menurutnya, orang tua harus melakukan hal ini dengan konsisten. Perlu diperhatikan juga bagi orang tua untuk tidak melakukan hal yang kontra. Untuk kasus ngompol misalnya, jika ingin anaknya berhenti mengompol, tentunya anak tidak diberikan minuman yang terlalu banyak sebelum tidur.

Nana mengungkapkan berdasarkan pengalaman cepat atau lambatnya keberhasilan hiposis tak bisa dipastikan sama. Ada yang dalam 10 hari perilaku anaknya berubah, ada pula yang membutuhkan waktu lebih dari sebulan.

“Kesabaran dan kesadaran orangtua untuk mau mendidik dengan lebih baik merupakan faktor utama sukses tidaknya hipno parenting. Orang tua juga haru proaktif untuk terus belajar,” tambahnya.

(Baca Juga: Lakukan Ini Sebelum Menjalankan Hipno Parenting)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement