Kamis 18 Aug 2016 08:01 WIB

Gedung Opera Dubai Dibangun Berbentuk Kapal Kayu

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Gedung opera Dubai
Foto: ist
Gedung opera Dubai

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Baja dan kaca yang dibentuk menyerupai kapal kini berdiri indah di kaki gedung tertinggi di dunia. Bangunan itu adalah gedung opera Dubai. Gedung opera tersebut akan mendorong kegiatan seni dan budaya di tengah-tengah pusat bisnis Negara Teluk.

Sejumlah pekerja kini tengah menyiapkan sentuhan akhir untuk upacara pembukaan pada 31 Agustus nanti. Penyanyi tenor asal Spanyol Pacido Domingo akan tampil dalam acara tersebut.

Dubai memang terkenal karena bisa membangun konstruksi-konstruksi megah di dunia. Akan tetapi, Dubai memang belum memiliki tempat khusus untuk seni pertunjukan. "Lihat seluruh hal yang Dubai miliki. Sekarang kami akan membuatnya lebih baik lagi," ujar CEO Dubai Opera Jasper Hope seperti dikutip dari Malay Mail Online.

Untuk mengenang sejarah panjang Dubai sebagai kota pelabuhan, gedung opera itu didesain menyerupai kapal kayu tradisional yang digunakan selama berabad-abad.

Gedung opera dengan 2.000 tempat duduk itu bisa diubah menjadi tiga bentuk yakni teater, ruang konser, dan aula dengan lantai datar yang cocok untuk acara pernikahan.

Direktur Pusat Seni Musik Uni Emirat Arab Tala Badri mengapresiasi gedung opera baru yang akan dimiliki Dubai. Ia pun berharap bangunan itu bisa menjadi pusat kebudayaan UEA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement