Selasa 16 Aug 2016 15:00 WIB

Es Tajin, Ramuan Rahasia Percantik Kulit

Rep: Santi Sopia/ Red: Andi Nur Aminah
Ilustrasi air tajin.
Foto: hfmagazineonline.com
Ilustrasi air tajin.

REPUBLIKA.CO.ID, Mungkin terdengar sedikit aneh, meminum air dari rendaman beras. Meski begitu, air yang biasa disebut air tajin ini sudah lama dikenal di masyarakat. Air tajin juga diketahui bisa memberikan manfaat baik untuk tubuh.

Dari waktu ke waktu, air tajin mulai dilirik kalangan lebih luas. Berbagai restoran berlomba menyajikan air tajin dengan beragam modifikasi. Salah satu restoran yang menghadirkan air tajin dengan cara istimewa adalah Historia Food & Bar yang terletak di kawasan wisata, Kota Tua Jakarta.

Menurut Radiko Soleh, Floor Manager Historia, tak cukup hanya dengan modal perawatan kulit dari luar. Karenanya, minuman tajin bisa menjadi alternatif perawatan dari dalam untuk memancarkan kecantikan alami.

“Es tajin disuguhkan bersama kayu manis dan daun jeruk untuk memperkaya rasa, ditambah sedikit gula,” kata dia saat  Special Walking Tour Chinese Old Town & Batavia Old Town bersama Organisasi Perjalanan, Jakarta Food Adventure (JFA), beberapa waktu lalu.  

 

Lebih dari itu, es tajin memiliki segudang manfaat. Mulai dari mempercantik, memperhalus kulit, karena mengandung antioksidan, vitamin c maupun berfungsi untuk detoksifikasi atau membuang racun yang ada dalam tubuh.  Selain dikemas menawan, pengolahan es tajin juga dilakukan hati-hati.

Dia menjelaskan saat pengolahan diusahakan serbuk beras yang disajikan tak terlalu berat. Artinya dibutuhkan proses penyaringan yang tepat. Es tajin yang dibanderol Rp 29 ribuan ini tentunya cocok dinikmati setelah merasakan udara panasnya Jakarta ataupun setelah Anda berkeliling dari Kota Tua. Ramuan ini pun bisa saja menjadi bagian dari gaya hidup Anda nantinya.

Historia Food and Bar merupakan bangunan tua yang juga renovasinya mendapat bantuan dari Unesco. Kini bangunan bekas milik perusahaan asuransi ini menjelma menjadi sebuah resto dan bar yang mempunyai dua sisi bangunan kiri dan kanan serta bagian belakang yang anggun.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement