Selasa 16 Aug 2016 14:00 WIB

Cerdas Finansial Bagi Pengusaha

Menjadi pengusaha
Foto:
Menjadi pengusaha

Paling tidak ada 3 hal yang wajib dipahami oleh pemilik perusahaan agar cerdas secara finansial :

1.    Knowledge (jenis uang)

Apa itu uang?

Untuk memahami sejarah uang, silahkan Anda baca buku Jack Weatherford bagaimana proses terjadinya uang dari Fase 1 Tunai klasik (barter), Fase 2 Dwi metal/logam mulia (dinar/emas dan dirham/perak), Fase 3 Uang kertas dan Fase 4 dan 5 Uang kartu dan Uang elektronik.

Poin-nya adalah bahwasanya uang hanyalah sebuah IDE, ide yang dilaksanakan. Tinggal masalahnya ada ide yang baik dan ada ide yang buruk terhadap uang, sehingga nanti Anda akan mempelajari 3 jenis pendapatan : Biasa, Portofolio dan Pasif.

Di luar dari itu, konsep global dari uang apa yang kita kenal dengan nama PAD, bukan Pendapatan Asli Daerah, tetapi Proteksi, Akumulasi dan Distribusi. Kapan kita harus punya proteksi, kapan sudah harus menabung dan Investasi serta mempersiapkan untuk mendistribusikan uang kita.

Bagi para pengusaha, paling tidak ada 4 hal yang wajib dipunyai dalam money management ini, yakni uang hidup atau uang untuk hidup, berarti uang untuk keperluan sehari-hari. Sebagai seorang pengusaha, Anda wajib digaji atau dihargai sebelum menggaji atau menghargai karyawan Anda, pay your self first.

Metodenya bisa menggunakan persentase dari profit, artinya karena profit seorang pengusaha fluktuatif, maka target profit atau mengejar omset bisa menjadi patokan awal. Selanjutnya ada uang darurat atau bermakna juga uang proteksi atau uang jaga-jaga, lalu uang impian dan uang Investasi.

Dengan adanya 4 jenis uang ini: Uang Hidup, Uang Darurat, Uang Impian dan Uang Investasi, maka Anda tahu akan kemana alur keuangan seorang pebisnis atau pemilik bisnis (business owner).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement