Jumat 12 Aug 2016 11:04 WIB

Minuman Susu Bisa Picu Timbulnya Jerawat

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari
Susu sapi
Foto: pixabay
Susu sapi

REPUBLIKA.CO.ID, Minuman susu yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Menurut dermatolog, Eddy Karta, spKK, ini termasuk susu rendah lemak sekalipun.

"Artinya memang semua jenis susu bisa menyebabkan jerawat, minuman atau makanan yang manis-manis lainnya juga," kata Eddi di Jakarta, belum lama ini.

Dijelaskannya, tentunya susu sudah sangat familiar, bahkan banyak dikonsumsi rutin masyarakat. Untuk menyiasatinya, ia menyarankan, kita bisa mengontrol waktu kapan harus minum susu.

(baca: Mengapa Musim Pancaroba Waktu Terbaik Merawat Kulit?)

"Misalnya kalau sedang jerawatan, coba jangan minum susu dulu, diredakan dulu jerawatnya," tambahnya.

Selain susu, konsumsi lain yang mengandung protein juga, menurutnya bisa memicu jerawat. Apalagi sejenis asupan suplemen yang saat ini cukup banyak digandrungi kawula muda. Tentunya banyak cara mengatasi jerawat, seperti mencuci wajah dengan  pembersih yang tepat, mengonsumsi makanan sehat, termasuk sayur dan buah-buahan.

Adapun jerawat bisa disebabkan oleh berbagai macam proses yang mengganggu kelenjar minyak pada kulit. Seperti dikarenakan kondisi lingkungan saat ini yang membuat kulit mendapatkan paparan lebih dari polusi, bakteri penyebab jerawat dan sinar UV.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement