Kamis 11 Aug 2016 06:18 WIB

Pakar: Gim Ponsel Bagai Narkoba Modern Anak

Anak modern memang lebih menyukai permainan di gawainya, tapi pastikan anak lebih banyak bermain dengan objek nyata ketimbang gawainya.
Foto: EPA
Anak modern memang lebih menyukai permainan di gawainya, tapi pastikan anak lebih banyak bermain dengan objek nyata ketimbang gawainya.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pakar sosial dan pendidikan dari Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat, Dr Erianjoni menyampaikan bahwa anak usia dini harus dihindarkan dari permainan pada telepon genggam untuk mencegah sikap antisosial.

"Gim pada telepon genggam lebih banyak mengandung unsur kekerasan dan pornografi, sehingga tidak baik bagi perkembangan sosial anak," katanya di Padang, Kamis (11/8). Selain itu, dia menyebutkan gim bagaikan narkoba modern yang bisa mengakibatkan kecanduan pada penggunanya sehingga bisa membunuh kreativitas anak untuk ke depannya.

Ia menambahkan melalui gim juga bisa merusak karakter anak sehingga nantinya anak bisa menjadi pribadi yang individualis, egois, kurang komunikasi, dan memiliki sikap anti sosial lainnya. Menurut dia pada usia tersebut seharusnya anak belajar dari lingkungan, keluarga, dan masyarakat sehingga mereka bisa memperoleh figur yang bisa diteladaninya.

Ia menyarankan kepada orang tua apabila ingin mengenalkan teknologi pada anak usia dini lebih baik mereka dialihkan dengan memperlihatkan video yang bersifat edukatif sehingga bisa melatih verbal dan motoriknya.

"Permainan modern sejenis puzzle juga lebih bagus dan tepat," ujarnya.

Selain itu, dia mengharapkan agar orang tua selalu bisa mengawasi dan menghindari anak dari gim yang bersifat individualis. "Jangan membiasakan menaruh telepon genggam di tempat yang mudah dijangkau oleh anak," ucap dia.

Selanjutnya, bagi kakak jangan sekali-kali memberi peluang untuk memperkenalkan gim kepada adiknya.

(baca: Sekolah Sehari Penuh Kurangi Waktu Anak dengan Keluarga)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement