Selasa 09 Aug 2016 07:19 WIB

Menurut Facebook, Penyuka Kucing Cenderung Menjomblo

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Pecinta kucing
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pecinta kucing

REPUBLIKA.CO.ID, Perilaku daring dapat memperlihatkan identitas diri seseorang yang sebenarnya. Penelitian yang dilakukan Facebook mengungkapkan jika pengguna internet dapat dikategorikan menjadi manusia kucing dan manusia anjing.

Dua kategori tersebut menunjukkan ketertarikan diri dan sikap hidup seseorang. Untuk melihat ketertarikan  diri, penelitian dilakukan pada 160 ribu pengguna Facebook di Amerika Serikat.

Dalam penelitian tersebut ditemukaan jika manusia kucing alias mereka yang lebih suka kucing daripada anjing cenderung memilih untuk sendiri daripada manusia anjing. Sebanyak 30 persen manusia kucing sendiri, sedangkan manusia anjing atau mereka yang lebih suka anjing hanya 24 persen.

Alasan manusia anjing tidak banyak hidup sendiri disebabkan mereka lebih memilih menjadi orang populer dan juga sangat aktif dengan internet. Sedangkan manusia kucing justru cenderung tipe pemilih teman.

Selain cerdas dalam urusan seleksi teman, manusia kucing juga pemilih dalam urusan film, buku, hingga acara TV. Manusia kucing lebih memilih The Hobbit, Brave New World, Adventure Time, Doctor Who, A Clockwork Orange and Alien, sedangkan manusia anjing justru memilih Fifty Shades of Grey, Step Up, The Hangover, The Hills, Duck Dynasty, Marley, dan Me and Eat, Pray Love.

"Manusia kucing merupakan pengemar dari sci-fi dan fantasi, sementara manusia anjing menunjukkan ketertarikan untuk cerita cinta," ujar peneliti, dikutip dari The Guardian, Selasa (9/8).

Hanya saja dalam mengekspesikan emosi yang dirasakan dalam status media sosial, manusia kucing justru lebih bervariasi. Mereka mudah mengunggah status jika sedang lelah, kesal, sedih, senang, jatuh cinta, berbeda dengan manusia anjing yang hanya mengekspresikan rasa senang atau bahagia saja.

(baca: 7 Alasan Si Dia Minta Pisah Sementara)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement