Ahad 07 Aug 2016 07:33 WIB

Kopi Lemonade, Tren Baru yang Menyegarkan

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Kopi Lemonade
Foto: ist
Kopi Lemonade

REPUBLIKA.CO.ID, Kopi memiliki sentuhan ajaib yang dapat membantu orang-orang mengawali hari dengan lebih segar. Apa jadinya jika kopi ini dikombinasikan dengan lemonade yang segar?

Jawabannya adalah 'tren minuman baru'. Kombinasi kopi dan lemon dikenal sebagai kopi lemonade. Meski kopi lemonade belum lama menjadi sorotan di dunia maya, pada dasarnya kopi lemonade sudah ada setidaknya sejak tiga tahun lalu. Kala itu, sebuah kafe di Swedia menjadi pelopornya dengan memasukkan kombinasi kopi dan lemon dalam menu mereka.

Minuman unik yang memiliki nama lain Thunderbolt dan Kaffelemonad ini ternyata mendapatkan inspirasi dari minuman khas dari beberapa negara, salah satunya Rusia. Di rusia, terdapat minuman bernama kofyeh slimonem yang berarti kopi dengan lemon. Kofyeh slimonem ini biasa dikonsumsi secara rutin oleh masyarakat Rusia. Negara lain yang juga memiliki tradisi mencampurkan kopi dengan lemon ialah Swedia, Jerman serbta Meksiko.

(baca: Teh Asal Australia Diklaim Mampu Lawan Banyak Penyakit)

Sentuhan rasa sitrus yang tajam dari lemonade memberi perpaduan sempurna pada aroma dan cita rasa kopi yang menggugah. Sentuhan asam dari lemonade bahkan membuat aroma dan cita rasa dari kopi semakin

menonjol. Oleh karena itu, kopi lemonade dianggap sebagai minuman yang cocok untuk mengawali hari agar lebih menyegarkan.

Seperti dilansir Delish, ada banyak cara untuk membuat kopi lemonade. Kafe Stand Coffee misalnya, memadukan seduhan kopi dingin dengan sirup lemon dan vanilla serta sedikit campuan susu almond. Cara lain yang cukup umum dilakukan untuk membuat kopi lemonade ialah dengan mencampurkan kopi espresso dengan lemonade.

Kunci untuk membuat kopi lemonade yang menyegarkan ialah rasio perbandingan kopi dan lemonade yang digunakan. Epicurious mengungkapkan bahwa rasio perbandingan kopi dan lemonade yang ideal untuk membuat kopi lemonade ialah 3:2. Mengingat tidak ada resep baku untuk membuat kopi lemonade, Anda pun dapat berkreasi dengan resep kopi lemonade Anda sendiri di rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement