Jumat 05 Aug 2016 09:01 WIB

Museum Mini akan Dibangun di Kawasan Bukti Siguntang

Situs Arkeologi Bukit Siguntang. (Republika/ Maspril Aries)
Foto: Republika/ Maspril Aries
Situs Arkeologi Bukit Siguntang. (Republika/ Maspril Aries)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Sebuah museum mini akan dibangun di Kawasan Bukit Siguntang Palembang. Museum mini ini nantinya akan digunakan menyimpan benda peninggalan sejarah.

"Pembuatan museum mini tersebut untuk melestarikan benda bersejarah terutama yang berkaitan dengan Bukit Siguntang," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga di Palembang, Jumat (5/8).

Menurut dia, Bukit Siguntang banyak dikunjungi masyarakat terutama untuk berziarah. Hal ini karena di Bukit Siguntang terdapat makam raja Palembang sehingga rutin dikunjungi.

Namun yang lebih penting lagi Bukit Siguntang sudah menjadi tempat wisata andalan di daerah ini. Sehubungan dengan itu, Irene mengatakan tempat tersebut harus ditata secara rapi termasuk untuk pembuatan museum tersebut. Sehingga pengunjung lebih mengetahui tentang Bukit Siguntang.

Ketika ditanya tentang biaya, Irene mengatakan, secara keseluruhan untuk penataan dan pembuataan museum mini dianggarkan sebesar Rp 15 miliar. "Dana tersebut dianggarkan melalui APBN untuk dua tahun," katanya. Dia berharap pembangunan museum mini dan penataan Bukit Siguntang tersebut diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement