Kamis 04 Aug 2016 08:46 WIB

Keju Susu Keledai, Keju Termahal di Dunia

Rep: Dwina Agustin/ Red: Andi Nur Aminah
Keledai juga menghasilkan susu yang bisa diolah menjadi keju
Foto: BBC
Keledai juga menghasilkan susu yang bisa diolah menjadi keju

REPUBLIKA.CO.ID, Keju umumnya berasal dari susu sapi, mungkin beberapa ada pula susu kambing. Tapi bagaimana jika keju dibuat dari susu keledai?

Keledai masih sangat jarang digunakan susunya untuk dikonsumsi, apalagi dibuat keju. Tapi jangan salah, di Serbia bagian Barat dekat dengan aliran Sungai Zasavica, Anda bisa menemukan keju yang terbuat dari olahan susu keledai.

Meski terdengar aneh, ternyata keju dari susu keledai merupakan keju paling mahal di dunia. Hal tersebut disebakan produksi susu yang sangat rendah dari magarica (keledai betina), hanya 300 mililiter per hari.

Lalu apa kelebihan keju dari susu keledai dibanding keju lainnya? Keju tersebut begitu kaya vitamin dan mineral. Susu keledai diyakini memperlambat proses penuaan dan telah digunakan sebagai penguat imunitas di Balkan sejak zaman kuno. Bahkan, konon Cleopatra diduga mandi menggunakan susu keledai. Manfaat lainnya yang juga diakui adalah untuk meningkatkan kejantanan.

Slobodan Simic salah satu penggagas keju susu dari keledai mengatakan jika awalnya tidak ada yang terpikirkan untuk membuatnya. Hanya saja, ketika dia melihat keledai Baklan disalah gunakan dengan dipukuli, dia mencoba mencari cara. "Kami kehilangan kontak dengan hewan, dan kita perlu kontak tersebut," kata Simic dikutip dari BBC, Kamis (4/8).

Untuk menghindari hal tidak baik pada keledai, Simic mencoba mengolah susu keledai. Tidak ada yang telah menghasilkan keju dari susu keledai sebelumnya. Sehingga dia pun butuh beberapa eksperimen.

Stevan Marinkovic, teknolog susu pun didatangkannya untuk berkonsultasi. Susu keledai tidak memiliki cukup casein untuk membuat keju. Pencampuran pun dilakukan dengan menambahkan susu kambing ke dalam campuran dengan komposisi susu keledai 60 persen dan susu kambing 40 persen.

Keju keledai memeiliki warna noda kekuningan di sekitarnya. Teksturnya juga lebih kokkoh ketimbang keju dari susu kambing. Rasa yang dihasilkan pun sangat berbeda dari keju kambing. Rasanya lebih manis dan ringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement