Rabu 27 Jul 2016 13:30 WIB

Ngemil Sehat? Coba Krakers Brokoli dan Keju Ini

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Krakers brokoli kejju
Foto: Thekitchn
Krakers brokoli kejju

REPUBLIKA.CO.ID, Krakers merupakan makanan ringan yang asik dijadikan teman untuk bersantai. Sayangnya, tak jarang krakers hadir dengan bahan-bahan yang kurang bergizi dan menyehatkan.

Akan tetapi, ada cara mudah untuk membuat krakers menjadi makanan ringan yang lezat sekaligus bergizi dengan menggunakan brokoli. Meski identik sebagai campuran dalam masakan sehat seperti sup, brokoli juga ternyata memberi cita rasa yang kaya jika diolah menjadi krakers.

Membuat krakers dari brokoli juga cukup mudah. Anda dapat memanfaatkan brokoli beku yang tersimpan di kulkas Anda. Jika Anda tak menyukai sayuran beku, Anda bisa menggunakan brokoli segar untuk membuat krakers.

Berikut ini ialah langkah-langkah dalam membuat krakers brokoli keju seperti dilansir The Kitchn.

Bahan-bahan untuk enam hingga delapan porsi penyajian:

8 ons brokoli beku yang sudah didiamkan pada suhu ruangan

8 ons keju cheddar parut

4 sendok makan mentega tawar beku dalam bentuk dadu

1 cangkir tepung serba guna, sedikit tambahan lagi untuk taburan

1/2 sendok teh garam kosher, sedikit tambahan lagi untuk taburan

1 sendok makan air es

Cara Pengolahan:

1. Keringkan brokoli dengan serbet hingga tidak ada air yang masih menempel.

2. Masukkan keju, mentega, satu cangkir tepung dan setengah sendok teh garam ke dalam food processor atau blender hingga seluruh bahan tercampur merata dan mudah pecah selama satu menit. Lalu tambahkan brokoli hingga semua bahan tercampur merata.

3. Saat food processor masih berputar, tambahkan air es dan biarkan mesin berproses hingga semua bahan tercampur menjadi adonan yang menyatu. Setelah adonan menyatu, keluarkan dari food processor dan bagi adonan menjadi dua bagian.

4. Bungkus masing-masing adonan dengan pembungkus plastik hingga rapat. Kemudian, simpan kedua adonan yang telah terbungkus ke dalam kulkas selama 30 menit.

4. Sambil menunggu, atur rak oven agar dapat menampung dua loyang dan panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius. Selain itu, siapkan juga dua lembar kertas roti.

5. Taburkan tepung di atas permukaan area kerja yang akan digunakan untuk mengulen adonan. Setelahnya, gulung adonan hingga mencapai ketebalan 1/8 inchi atau sedikit lebih tipis dari itu agar nantinya krakers memiliki tekstur garing. Setelah mencapai ketebalan tersebut, pindahkan adonan ke atas kertas roti. Potong adonan dengan pisau atau pemotong pizza dengan bentuk sesuai selera akan tetapi jangan sampai benar-benar terputus. Anda dapat menaburkan sedikit garam kosher di atas adonan yang telah Anda potong jika berkenan. Lakukan hal yang sama untuk adonan kedua.

6. Panggang adonan dan putar adonan ke posisi berbeda ketika bagian tepi krakers sudah berwarna kecokelatan. Total waktu yang diperlukan untuk memanggang krakers ini berkisar antara 20-22 menit. Setelah terpanggang sempurna, dinginkan krakers selama lima menit. Setelah mendingin, pindahkan krakers ke rak kawat untuk didinginkan hingga sempurna. Setelah dingin, patahkan krakers sesuai dengan pola potongan yang dibuat sebelumnya.

7. Simpan krakers di wadah kedap udara dalam suhu ruangan. Krakers dapat bertahan hingga satu minggu dengan kondisi penyimpanan di wadah kedap udara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement