Sabtu 23 Jul 2016 22:59 WIB

Lima Musikus Meriahkan Gelaran Perdana "Supersonik: Future Folk"

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Hazliansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pusat Kebudayaan Prancis di Indonesia (IFI) bekerja sama dengan Seri Bermain di Cikini menyelenggarakan sebuah seri musik baru bernama "Supersonik: Future Folk". Gelaran musik tersebut berlangsung di Auditorium IFI, Jakarta, Sabtu (23/7) petang.

Felix Dass dari Seri Bermain di Cikini menginformasikan, "Future Folk Volume 1" menampilkan lima nama bertalenta dari scene folk lokal Indonesia. Mereka adalah solois Sisir Tanah dari Yogyakarta, band Mr. Sonjaya dari Bandung, serta tiga solois dari Jakarta yaitu Jason Ranti, Oscar Lolang, dan Junior Soemantri.

Disampaikan Felix, para musikus tersebut dipercaya bisa memberi awalan yang bagus untuk keberlangsungan seri Future Folk. Masing-masing musikus juga disebut memiliki karakter bermusik dan ciri khas tersendiri.

Ia mencontohkan solois Sisir Tanah  yang unik karena berpentas hanya dengan bertemankan gitar akustiknya. Kemudian, band folk beranggotakan lima orang asal Bandung, Mr. Sonjaya, yang beberapa waktu lalu baru merilis debut album penuh bertajuk Laras Sahaja.

Felix melanjutkan, Jason Ranti dari Jakarta punya pendekatan musik yang nyeleneh dengan lirik yang jenaka dan filosofis. Sedangkan, Oscar Lolang punya sisi yang berbeda karena menyalurkan amarah lewat lagu.

Terakhir, Junior Soemantri, cenderung melakukan eksplorasi musik folk bernapas melayu dalam karyanya. Felix berharap, konser tersebut dapat memberi kesempatan bagi musikus baru untuk unjuk karya.

"Ini merupakan seri mandiri yang mengandalkan kolektivitas seluruh pihak yang ada di dalam pertunjukan," ucap Felix.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement