Rabu 13 Jul 2016 15:29 WIB

Tak Suka Sayur? Enam Tips Ini Bisa Membuat Anda Cinta Sayuran

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Mengolah sayuran bisa dilakukan dengan berbagai cara
Foto: Thestonesoup
Mengolah sayuran bisa dilakukan dengan berbagai cara

REPUBLIKA.CO.ID, Sayuran segar memiliki banyak manfaat yang dapat menunjang kesehatan tubuh. Sayangnya, tak semua orang menyukai rasa dari sayur-sayur yang menyehatkan.

Padahal, jika diolah dengan benar sayuran dapat memberikan cita rasa yang lezat dan mudah untuk disukai oleh siapa pun. Jika Anda termasuk kelompok yang tidak menggemari rasa sayuran, ada baiknya jika Anda mulai melakukan 'trik' untuk membuat cita rasa sayuran menjadi lebih lezat dan memanjakan lidah Anda. Berikut ini ialah enam trik untuk memperlezat cita rasa sayuran seperti dilansir The Stones Soup.

Garam

Ada cukup banyak sayur yang mengandung rasa pahit sehingga membuat sebagian orang antipati terhadap sayuran. Cita rasa yang cenderung pahit pada sayuran ini sebenarnya dapat disiasati dengan penggunaan garam.

Meski terkesan sederhana, penambahan sedikit garam saat mengolah sayur dapat menciptakan perbedaan rasa yang cukup besar. Pasalnya, garam memiliki kemampuan untuk memperkaya rasa masakan. Jika Anda khawatir dengan dampak negatif garam, Anda dapat mengganti garam biasa dengan garam laut.

Mentega dan minyak zaitun

Mentega dan minyak zaitun mengandung lemak yang bercita rasa lezat. Di samping itu, mentega dan minyak zaitun juga mengandung vitamin-vitamin lemak mudah larut yang tidak dimiliki oleh sayuran. Oleh karena itu, penggunaan mentega atau minyak zaitun saat mengolah sayuran tak hanya meningkatkan kelezatan sayuran tetapi juga melengkapi nutrisi yang tidak dimiliki sayuran.

Hindari merebus

Salah satu cara termudah untuk membuat sayuran bercita rasa tidak enak ialah dengan merebusnya. Di samping itu, merebus sayuran juga akan membuat vitamin-vitamin dari sayur justru terbuang di dalam air. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda membatasi proses merebus sayur pada sayuran tertentu saja seperti kacang buncis, kacang edamame dan kentang.

Panggang, pan fry dan stir fry

Lupakan merebus sayur, dan mulai mengolah sayuran Anda dengan cara berbeda untuk mendapatkan hasil akhir sayuran yang sehat dan lezat. Beberapa teknik memasak yang direkomendasikan untuk mengolah sayuran dan mempertahankan kelezatan sayuran ialah memanggang, pan fry dan juga stir fry.

Berbeda dengan merebus, ketiga teknik memasak 'kering' ini dapat menambah cita rasa karamelisasi yang lezat pada sayuran. Di samping itu, ketiga teknik memasak ini juga menghilangkan kelembapan pada sayuran sehingga tekstur sayur menjadi lebih renyah.

Sayuran berkualitas

uUntuk mendapatkan cita rasa yang lezat dari sayuran, kualitas dari sayur tentu memegang peranan penting. Agar sayuran yang dihasilkan terasa lezat, Anda harus memastikan bahwa sayur yang Anda gunakan merupakan sayuran segar. Sayuran beku atau pun sayuran kemasan di swalayan tentu akan memberikan cita rasa yang berbeda dengan sayuran segar yang belum lama dipetik.

Bahan tambahan

Menyantap sayuran tentu akan terasa lebih lezat jika didampingi dengan beberapa bahan tambahan. Beberapa bahan tambahan yang dapat meningkatkan cita rasa sayuran ialah cabai, rempah-rempah, tanaman herbal, keju parmesan hingga hummus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement