Senin 11 Jul 2016 14:17 WIB

Yuk, Buatkan Kue Es Krim Muffin untuk si Kecil

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Es krim muffin
Foto: Thekitchn
Es krim muffin

REPUBLIKA.CO.ID, Kue es krim bisa menjadi makanan favorit keluarga Anda, terutama anak-anak. Kue ini terbuat dari es krim dan rasanya tentu saja nikmat. Kue es krim ini juga sangat cocok dinikmati di saat cuaca yang panas.

Anda bisa membuat es krim menjadi kue yang dicetak dalam cetakan muffin yang lucu. Kue es krim ini tentu saja rasanya manis. Seperti dilansir dari laman The Kitchn, membuat kue es krim mini dalam sebuah cetakan muffin adalah persoalan lapisan.

Dimulai dengan melapisi cetakan muffin dengan plastik pembungkus untuk membuat proses pelepasan kue saat proses akhir lebih mudah. Selanjutnya, potong kue yang sudah dilepaskan. Semua rasa kue akan nikmat, namun kue yang tebal dan padat lebih baik.

Lapisan es krim menjadi susunan berikutnya. Jika suka gunakan dua jenis es krim yang berbeda. Pisahkan dengan wafer cokelat yang tipis supaya garing. Kemudian seluruh cetakan masukkan ke tempat freezer sehingga es krim mengeras kembali. Setelah itu Anda bisa menghiasnya.

Buat lapisan kulit sendiri dengan mencairkan cokelat chip dan minyak kelapa bersama-sama. Kemudian tuangkan ke dalam kue, topping kue dengan taburan dan lihat lapisan yang mengeras tepat di depan mata Anda. Dekorasi dapat dilakukan sepanjang hari ke depan. Ada banyak alasan untuk membuat kue es krim mini ini. Anda pun bisa mengubah variasi kandungan bahannya.

Resep Mini Ice Cream Cakes (untuk 12 porsi)

Bahan :

2 pint (1,136 liter) es krim

Semprotan makanan/cooking spray

Satu papan kue ukuran satu pound (0,453 kg)

12 kue wafer cokelat

8 ons cokelat chip

1/4 cangkir minyak kelapa

2 sendok makan taburan Sprinkle

Cara membuat :

1. Biarkan es krim mencair dalam suhu ruang agar mencair dengan perlahan selama 10 menit. Sementara itu, pastika cukup ruang di dalam freezer Anda untuk cetakan 12 muffin ukuran standar.

2. Semprotkan cetakan muffin dengan semprotan makanan/cooking spray

3. Potong 12 (lima inci) kotak plastik pembungkus dan berikan garis yang sama dengan kotak (cooking spray membantu plastik pembungkus melekat dengan sisi cetakan.

3. Potong kue memanjang sampai ukuran setengah inci memanjang. Gunakan potongan biskuit atau cookie ukuran dia seperempat inci dan potong menjadi 12 pound cake. Letakkan sebuah kue di masing-maisng cetakan muffin

4. Sendok es krim dari pint pertama (sekitar sendok makan per cetakan) letakkan diatas kue pound dan ratakan menjadi sebuah lapisan. Jika menggunakan wafer, letakkan wafer cokelat dimasing-masing cetakan diatas es krim, (jangan khawtair jika wafer atau cookie patah).

5. Sendok es krim dari pint kedua. Buat seperti lapisan lagi atau gunakan wafer menjadi layer

6. Letakkan cetakan muffin kedalam freezer sampai mengeras, paling tidak sekitar satu jam

7. Ketika siap disajikan, berikan topping.

8. Letakkan cokelat dan minyak kelapa di mangkok yang tahan dimicrowave. Atur microwave dengan waktu 30 detik, aduk, sampai meleleh dan lembut (Sebagai alternatif, lelehkan diatas kompor).

9. Jika campuran terlalu panas, biarkan dingin, aduk, sampai mendapatkan suhu tubuh.

10. Ambil plastik pembungkus, buang plastik dari kue es krim. Letakkan kue itu didalam piring saji. Sendok topping cokelat keatas kue sampai semua lapisan atas tertutupi.

11. Taburi dengan setengah sendok sprinkles. Ulangi dengan kue lainnya. Segera sajikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement