Senin 11 Jul 2016 11:37 WIB

5 Cara Mengolah Buncis Jadi Lebih Menarik

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Buncis
Foto: pixabay.com
Buncis

REPUBLIKA.CO.ID, Bingung mau dimasak apa buncis yang ada di kulkas?  Mungkin ada kerap bosan jika buncis dimasak dengan cara itu-itu saja, seperti ditambahkan di dalam sup, direbus, atau dioseng. Ingin tahu cara memasak lainnya yang membuat buncis jadi lebih menarik dan mengundang selera?

Memasak buncis tidak membutuhkan waktu lama, rasanya juga lembut membuat buncis cocok dijadikan menu apapun. Buncis juga bisa ditumis dengan bawang putih dan dilumuri dengan perasan jus lemon. Selain itu masih ada lima cara membuat buncis lebih menarik.

Masak buncis sampai melepuh atau menggelembung

Seperti dilansir dari laman The Kitchn, Senin (11/7), kacang melepuh atau menggelembung boleh ada di meja makan dalam beberapa menit. Kunci untuk membuatnya melepuh adalah gunakan wajan panas dan hindari dorongan untuk mengaduk. Anda akan menemukan cokelat yang pekat hampir hangus dengan mengaduk buncis sesedikit mungkin. Setelah mulai melepuh atau menggelembung dan cokelat, aduk sesekali sekitar 10 menit. Tambahkan kecap di bagian akhir kacang atau aduk dalam beberapa pesto.

Sajikan dingin

Buncis yang garing lebih istimewa ketika disajikan sederhana. Putihkan atau buat buncis menjadi pucat dengan merendamnya dalam air mendidih. Lalu segera dinginkan di dalam sebuah baskom es atau di bawah aliran air dingin. Ketika ingin disajikan, tuangkan vinaigrette favorit Anda atau rendam dalam saus kacang tanah. Ini adalah cara yang super mudah untuk membuatnya. Jaga buncis tetap pada tangan untuk menuangkannya pada salad atau menyajikannya sebagai sebuah lauk selama sepekan.

Berikan topping

Sayuran berwarna hijau, seperti buncis dapat memiliki kaya rasa dan rasanya bisa menjadi kuat. Kesegaran dan teksturnya yang garing terutama dengan tekstur hollandaise yang baik dan telur. Taburi hollandaise di atas buncis untuk membuat sisi sederhana lebih spesial, atau makan buncis untuk sarapan dengan sebuah telur rebus di atasnya.

Tambahkan taco sayuran atau masukkan dalam sandwich.

Buncis tidak harus tinggal untuk sisi piring. Tambahkan mereka ke hidangan utama untuk tekstur dan rasa tak terduga. Bumbui sederhana, buncis akan mendapatkan topping dengan taco atau sandwich Anda.

Salad buncis

Cara lainnya mengonsumsi buncis adalah menambahkannya ke dalam salad Anda. Buncis akan menambah cita rasa salad menjadi semakin lezat. Jadi tunggu apa lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement