Senin 04 Jul 2016 16:41 WIB

7 Ragam Investasi untuk Gaji di Bawah Rp 5 Juta

Selain saham dan reksadana, obligasi bisa menjadi salah satu sarana investasi.
Foto:
Pekerja sedang memantau layar pergerakkan Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (27/6). (Republika/Tahta Aidilla)

Saham

Investasi lain yang dapat Anda lakukan dengan uang Rp 5 juta adalah jual-beli saham. Risiko bermain saham memang sangat besar, namun keuntungan yang diperoleh juga cukup besar. Keuntungan saham dapat diperoleh dari jual-beli saham, yaitu: capital gain (selisih keuntungan dari harga beli dan harga jual) serta dividen. Sedangkan cara untuk bermain saham ada 2, yaitu: jangka pendek atau jangka panjang.

Untuk investasi saham jangka pendek, Anda harus memiliki kemampuan analisis teknikal, karena aturan utama dalam bermain saham jangka pendek adalah membeli saham ketika harga murah dan menjualnya ketika harga sedang naik. Sedangkan untuk investasi jangka panjang tidaklah terlalu rumit dan butuh skill karena Anda cukup membeli saham dan mendiamkannya selama mungkin.

ang paling penting Anda harus memilih saham perusahaan yang benar-benar kuat dan dipercaya dapat terus bertahan selama bertahun-tahun.

Jual-Beli Mata Uang Asing

Jual-beli mata uang asing dapat dilakukan dengan membeli uang secara fisik atau melalui forex trading. Namun keduanya memiliki prinsip yang sama, yaitu membeli mata uang asing ketika harganya murah dan menjualnya ketika harganya mahal.

Jual-beli mata uang asing termasuk kategori investasi jangka menengah dengan resiko yang cenderung tinggi, sebab nilai mata uang sebuah negara mungkin saja langsung turun secara drastis akibat kebijakan dari negara yang bersangkutan. Bila tidak berhati-hati berisiko menimbulkan kerugian yang cukup besar. Untuk menentukan kapan waktu yang tepat membeli mata uang asing atau kapan waktu yang tepat untuk menjualnya dibutuhkan kemampuan analisis teknikal yang sangat baik, seperti bermain saham.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement